Pohon-Pohon Tua Diberikan Rambu Bahaya

0
13

www.depoktren.com–Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok menandai pohon-pohon tua dan mudah tumbang dengan memasang rambu peringatan berbahaya. Hal ini dilakukan untuk antisipasi pohon tumpang yang akan menimbulkan korban.

Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok, Ety Yuniarti, mengatakan rambu peringatan berbahaya ini sebagai penanda untuk meminimalisir adanya potensi pohon tumbang atau patah ranting yang bisa mengakibatkan jatuhnya korban. “Kami lakukan pemasangan rambu peringatan bahaya pada pohon peneduh,” kata Ety di Balai Kota Depok, Kamis (28/6/2018).

Diutarakan Ety, hingga saat ini, pihaknya baru memasang rambu peringatan berbahaya di 10 pohon di Jalan Merdeka, Jalan Proklamasi dan Jalan Bahagia. “Nanti kami juga akan melakukan pemasangan rambu peringatan berbahaya secara bertahap pada pohon-pohon yang rawan tumbang di Depok,” terangnya

Menurut Ety, pihaknya akan melakukan pendataan di seluruh pohon peneduh yang ada dipinggir jalan dan di taman-taman di Depok. “Prioritas akan dipasangi rambu peringatan berbahaya untuk pohon-pohon tua yang ada dipinggir jalan,” tegasnya.

Ety menambahkan, rencananya pihaknya akan melakukan pemasangan rambu peringatan berbahaya pohon di ruas Jalan Juanda, Jalan Margonda, Tanah Baru, Kelapa Dua Raya dan terakhir Akses UI. “Diharapkan kegiatan ini rampung dalam waktu dekat. Pohon yang dipasangi rambu peringatan berbahaya sebelumnya telah dilakukan pengajian pada 2017 lalu,” terangnya.

Menurut Sekretaris DLHK Depok, Mohammad Ridwan, berdasarkan data DLHK Depok, saat ini, ada sedikitnya 79 pohon mati dari 2.305 pohon. 

“Alat memprediksi pohon rawan tumbang bisa diukur dari berbagai faktor. Pengecekan kesehatan pohon dilihat dari ranting pohon dan kondisi tanah. Pohon yang banyak rantingnya tidak bagus dan cukup bahaya jika rubuh. Kalau pohon rawan tumbang itu bisa diprediksi dengan mengunakan alat,” jelasnya.

Untuk mendekteksi pohon rawan tumbang satu pohon memakan biaya Rp2 juta. Kalau untuk merawat pohon dan mendeteksi dengan jumlah pohon di Depok ada 2.000 lebih. “Jadi cukup besar biaya untuk perawatan pohon,” ucapnya.

Jumlah pohon berdasarkan data di DLHK Depok khusus di ruas jalan raya. Seperti di Jalan Bahagia ada 54 pohon, Jalan Proklamasi 659, Jalan Merdeka 334, Jalan Juanda 426, Jalan Margonda 310, Tanah Baru 356, dan Jalan Kelapa Dua 126. 

“Totalnya ada 2.305 pohon. 61 pohon mengalami kerusakan dan pohon yang mati ada 18 pohon dari jumlah pohon di jalan protokol Depok,” terang Ridwan.

Dia menambahkan, bagi masyarakat Depok yang tergangu dengan pohon dan khawatir rubuh. Jangan asal menebang. “Tapi yang harus dilakukan melapor ke DLHK. Ini sudah ada aturannya di Depok. Bahkan, masyarakat disarankan untuk menanam pohon,” pungkas Ridwan. (Aris/Rus)

13 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY