Puskesmas Villa Pertiwi Jalankan Program TOS TB

0
76

www.depoktren.com–Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Villa Pertiwi memiliki berbagai inovasi program kesehatan untuk melayani masyarakat. Salah satunya melalui program unggulan TOS TB (Temukan, Obati sampai Sembuh Tuberkulosis) untuk pencegahan dan penyebaran penyakit TB di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong.

“Program ini didukung penuh oleh pihak kecamatan dengan menyediakan anggaran untuk penemuan penyakit baru dan pendampingan minum obat untuk pasien TB,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPF Puskesmas Villa Pertiwi, Ambar Wijajanti.

Menurut Ambar, dalam mengimplementasi program tersebut, pihaknya melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait bahaya penyakit TB. Pihaknya juga menjalin sinergitas dengan para kader untuk ikut memantau apabila terdapat warga yang terindikasi TB agar segera dibawa ke Puskesmas.

“Kami meminta bantuan kader kalau ada tanda-tanda TB di lingkungannya agar segera dibawa ke Puskesmas. Nanti kami akan melakukan pemeriksaan di laboratorium. Jika positif mengidap TB, maka dilakukan rujukan untuk dironsen. Kemudian jika didiagnosa mengidap TB akan diobati,” jelasnya.

Dia menambahkan, seluruh pengobatan TB di Puskesmas tidak dipungut biaya atau gratis. Sementara untuk menjamin mengonsumsi obat dengan teratur, setiap pasien TB didampingi oleh satu Pendamping Minum Obat (PMO).

“PMO bertugas untuk mengambil obat dan memastikan pasien tersebut minum obat dengan teratur sehingga mempercepat proses penyembuhan. PMO berasal dari kader atau bisa berasal dari anggota keluarga pasien,” tandasnya. (Aris)

76 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY