Selama Ramadhan dan Libur Lebaran, Puskesmas Cilodong dan Cimanggis Buka 24 Jam 

0
106

www.depoktren.com–Selama Ramadhan dan libur lebaran Pelayanan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong dan Cimanggis tidak mengalami perubahan yakni tetap melayani pasien selama 24 jam.

“Jadwal pelayanan selama bulan puasa seperti biasa, tidak mengalami perubahan sedikit pun,” ujar Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Ambar Widjajanti, Selasa (5/6/2018).

Menurut Ambar, dalam memaksimalkan pelayanan 24 jam tersebut, pihaknya telah menugaskan tim medis yang terdiri dari lima dokter umum, satu dokter gigi, dan enam perawat untuk bersiaga. Petugas medis tersebut terbagi ke dalam tiga shift yaitu pagi hingga siang mulai pukul 07.00-14.00 WIB, siang hingga malam mulai pukul 14.00-21.00 WIB dan malam hingga pagi mulai pukul 21.00-07.00 WIB.

“Semua pasien dengan berbagai keluhan akan dilayani. Namun, jika kemungkinan pasien tidak dapat ditangani oleh dokter atau membutuhkan dokter spesialis, maka akan dirujuk ke RSUD atau rumah sakit setempat tipe C untuk mendapat penanganan lebih intensif,” jelasnya.

Ambar menambahkan, memasuki hari ke-19 Ramadhan, jumlah kunjungan pasien ke puskesmas juga tidak mengalami perubahan yang signifikan. Meski jumlah pasien pada shift pagi agak menurun tetapi meningkat pada shift sore dan malam.

“Menjelang lebaran nanti, kami juga akan membuka posko mudik siaga di Simpangan Depok pada 11-17 Juni mendatang. Posko tersebut untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pemudik agar dapat sehat secara fisik dan nyaman dalam perjalanan ke kampung halaman,” pungkasnya.
Sedangkan Puskesmas Cimanggis juga akan tetap dibuka selama libur lebaran 2018.

“Tidak ada libur untuk kami dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat,” tutur Kepala UPT Puskesmas Cimanggis, Umi Zakiati.

Menurutnya, pelayanan yang diberikan meliputi pemeriksaan umum dan pelayanan gawat darurat. Puskesmas Cimanggis juga memberikan pelayanan bersalin kepada masyarakat.

“Tidak hanya itu, pelayanan farmasi, laboratorium dan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Dasar (Poned) juga berjalan seperti biasa yaitu selama 24 jam,” tuturnya.

Sedangkan untuk layanan konseling, lanjut Umi, khusus program seperti gizi, HIV AIDS dan layanan lainnya akan aktif kembali setelah lebaran. Untuk memaksimalkan berbagai pelayanan tersebut, Puskesmas Cimanggis akan menugaskan satu dokter dan dua perawat untuk bersiaga selama lebaran.

“Akan ada dokter dan perawat yang bersiaga selama libur lebaran,” ucap Umi.

Dia berpesan kepada seluruh masyarakat di lingkungan Kecamatan Cimanggis untuk tetap menggunakan pelayanan kesehatan di Puskesmas. Pihaknya akan melayani semua pasien, baik sebelum, sesudah atau saat lebaran 2018. (Aris)

107 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY