Presiden Jokowi Resmikan Bandara Kertajati yang merupakan Bandara Terbesar Kedua di Indonesia

0
134

www.depoktren.com–Bandara Internasional Jawa Barat atau Bandara Kertajati diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus mulai beroperasi, pada Kamis (24/5/2018).

Peresmian ditandai dengan melakukan pendaratan perdana atau historical landing oleh pesawat kepresidenan lalu diikuti oleh dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Batik Air dengan membawa penumpang VVIP dan VIP.

Bandara yang berada di kawasan Majalengka itu dibangun seluas 1.800 hektare dengan biaya mencapai Rp 2,6 triliun itu dilengkapi berbagai fasilitas modern.

Bandara Kertajati merupakan bandara kedua terbesar di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Bandara ini mulai dibangun pada 2014 dengan pembangunan runway (landas pacu) sepanjang 2.500 meter x 60 meter dan paralel taxiway sepanjang 2.750 meter x 25 meter yang sudah selesai dibangun pada akhir 2017. 

Dengan ukuran landas pacu tersebut, nantinya bandara ini akan mampu melayani operasional pesawat A330

Rencananya, landas pacu dipanjangkan hingga 3.200 meter x 60 meter agar bisa melayani operasional pesawat sipil terbesar di dunia seperti Airbus A380, Boeing B 747, maupun B 777. 

Bandara ini juga mempunyai apron seluas 397.890 meter persegi yang dapat menampung 10 parking standpesawat jet narrow body.

Selain untuk penumpang dan kargo, Bandara Kertajati juga akan menjadi embarkasi haji untuk masyarakat Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah.

Di kompleks bandara juga akan dikembangkan sebagai aerotropolis. 

Kawasan industri penerbangan seperti industri pembuatan pesawat, industri perawatan dan perbaikan pesawat (maintenance repair and overhaul/MRO), dan beberapa industri lain yang terkait bakal dibangun.‎ (Supri)

134 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY