Cegah Banjir, DPUPR Depok Normalisasi Kali Pesanggrahan

0
76

www.depoktren.com–Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok menurunkan alat berat dan Satuan Tugas (Satgas) Banjir untuk menormalisasi kali Pesanggrahan, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok, Rabu (23/5/2018).¬†

Normalisasi ini untuk mencegah terjadi banjir di kawasan tersebut. “Normalisasi dilakukan karena adanya laporan warga terkait banjir karena meluapnya Kali Pesanggrahan,” kata Kepala DPUPR Kota Depok, Manto, Kamis (24/5/2018).

Menurut Manto, Kali Pesanggrahan memang sudah mengalami pendangkalan. “Untuk itu kami lakukan normalisasi dengan alat berat spider dan Satgas, sesuai kemampuan yang kami miliki,” terangnya.

Manto menambahkan, selain mengalami pendangkalan, diakuinya wilayah tersebut memang berada di kawasan cekungan yang paling rendah. Selain itu, kali Pesanggrahan bersebelahan dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung yang kapasitas bebannya semakin meningkat.

“Jadi TPA tersebut memakan sebagian jalur Kali Pesanggrahan, kami khawatirkan bisa longsor dan memperparah situasi. Kami juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) untuk mencari solusi jangka panjang,” jelas Manto.

Namun demikian, lanjut Manto, pihaknya akan melakukan intervensi di wilayah tersebut dengan semaksimal mungkin, sesuai Tupoksi. “Ya, untuk sementara ini kami atasi dengan melakukan normalisasi, minimal sedikit mengatasi persoalan meluapnya Kali Pesanggrahan,” pungkasnya. (Papi Ipul)

76 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY