DLHK Depok Dorong Setiap Kelurahan Punya RW Proklim

0
62

www.depoktren.com–Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Depok terus berupaya mendorong setiap kelurahan memiliki RW unggulan untuk Program Iklim (Proklim).

“Kami inginnya setiap kelurahan memiliki RW unggulan untuk Proklim. Untuk itu, kami terus mendorong agar setiap kelurahan melakukan kegiatan-kegiatan pendukung seperti pembentukan bank sampah, kerja bakti, penanaman pohon dan pemanfaatan pekarangan rumah,”ujar Sekretaris DLHK Kota Depok, Mohammad Ridwan, di Balaikota, Depok, Senin (14/5/2018).

Menurut Ridwan, setiap tahun pihaknya kerap melakukan sosialisasi Proklim ke wilayah yang dinilai siap untuk mengikuti Proklim. Tentunya diawali dengan surat edaran ke camat maupun lurah se-Kota Depok.

“Awalnya kami membuat surat edaran, setelah itu direspons kelurahan. Kami melakukan peninjauan lokasi dari beberapa usulan yang disampaikan. Untuk yang memang sudah siap dan aktif akan diikutkan dalam Proklim Tingkat Nasional,” terangnya.

Ridwan menuturkan, saat ini telah banyak terjadi bencana terkait kondisi iklim yang tidak menentu seperti banjir, kekeringan, longsor dan kejadian lainnya, sehingga menimbulkan korban jiwa serta kerugian ekonomi dan ekologi. Kondisi tersebut perlu disikapi dengan memperkuat aksi nyata terutama dimulai dari tingkat yang paling rendah yaitu RW.

“Harus ada upaya adaptasi untuk meningkatan kapasitas seluruh pihak dalam menghadapi perubahan iklim tersebut. Mudah-mudahan setiap tahun, RW di masing-masing kelurahan bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan Proklim,” tuturnya.

Diungkapkan Ridwan, adapun wilayah yang telah mengikuti Proklim antara lain, pada 2012 yakni RW 24 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya. Kemudian pada 2013 yakni RW 16 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya.

Pada 2014 yakni RW 14 Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong. Pada 2015 yakni RW 16 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, dan pada 2016 ya ini RW 10 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya.

Selanjutnya, pada 2017 ada tiga lokasi sekaligus yaitu RW 18 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, RW 13 Perumahan Mutiara Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, dan RW 04 Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas. 

“Pada 2018, kembali diikutkan dalam program Proklim yakni RW 16 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok,” tegas Ridwan. (Herry S)

62 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY