RS Swasta di Depok Diberikan Pelatihan SIRUP dan E-Purchasing

0
33

www.depoktren.com–Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Depok memberikan pelatihan aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) dan E-Purchasing bagi rumah sakit (RS) swasta di Kota Depok.

Hal tersebut dilakukan sebagai tindaklanjut dari Peraturan Kementerian Kesehatan (Permenkes) Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pengadaan Obat Berdasarkan Katalog Elektronik (e-catalogue).

Kepala UPT LPSE Kota Depok Agus Setiawan mengatakan, berdasarkan amanah Permenkes tersebut, rumah sakit swasta sudah diberikan akses untuk melakukan pembelian obat dengan menggunakan aplikasi e-purchasing pada https://e-katalog.lkpp.go.id. Dengan begitu, setiap rumah sakit swasta nantinya dapat menyamakan persepsi dan langkah-langkah dalam pengadaan obat.

“Pelatihan ini kami berikan berdasarkan surat edaran dari lembaga kebijakan pengadaan barang atau jasa pemerintah, karena saat ini rumah sakit swasta sudah dapat menggunakan SIRUP dan e-purchasing untuk pengadaan obat,” ujar Agus, Sabtu (5/5/2018).

Menurut Agus, upaya peningkatan efektvitas, efisiensi, dan kesetaraan dalam proses pengadaan obat tersebut ditujukan bagi rumah sakit swasta yang menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Tentunya dengan aplikasi itu obat yang digunakan seluruh rumah sakit swasta akan sama harganya sesuai harga yang tertera di e-catalogue.

Dia menambahkan, dengan pelatihan yang diberikan diharapkan dapat membantu rumah sakit swasta untuk menggunakan aplikasi tersebut. Selanjutnya dapat segera mengimplementasikan aplikasi yang ada untuk pengadaan obat secara elektronik. (Papi Ipul)

33 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY