Ratusan Pelajar Depok Ikuti Workshop Animasi 

0
11

www.depoktren.com–Ratusan pelajar di Depok mengikuti workshop animasi yang diselenggarakan di aula lantai 10 Gedung Dibaleka II, Kamis (12/4/2018).

Kegiatan tersebut digelar untuk memberi edukasi media digital bagi pelajar SMP dan SMA agar memiliki pengetahuan dan keterampilan di era milenial

Ketua Panita Pelaksana, Rita Nurlita mengatakan, workshop animasi ini digagas oleh berbagai pihak antara lain Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Dapoer Animasi, Komunitas Internet Sehat Anak Muda (KISA Muda). Selanjutnya adalah Keluargal Digital Indonesia, serta Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kami untuk mendukung program Depok Smart City dan Kota Layak Anak,” ujar Rita.

Menurut Rita, untuk mewujudkan Smart City dibutuhkan juga masyarakat yang cerdas termasuk dalam pemanfaatan teknologi. Sebab, saat ini teknologi informasi sudah berkembang cukup pesat dan memberikan dampak sosial bagi penggunanya, misalnya bagi remaja.

Rita mengutarakan, lewat workshop literasi ini, pihaknya ingin membekali anak-anak dengan keahlian dalam membuat konten positif dan belajar tentang teknologi dan internet secara mudah dan  menyenangkan. Dengan begitu, nantinya diharapkan generasi muda dapat menjadi produsen konten-konten positif di dunia maya.

“Pemanfaatan internet secara positif dan produktif perlu dikenalkan kepada anak-anak agar mereka dapat memanfaatkan internet secara sehat,” terang Rita.

Dalam workshop animasi ikut hadir Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Direktorat Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI), Kriswisnumurti. Dirinya menuturkan, rendahnya tingkat literasi digital memicu masyarakat percaya dengan seluruh konten termasuk berita hoax. Edukasi seperti ini penting sebagai upaya dalam menanggulangi tantangan tersebut, agar generasi penerus dapat memanfaatkan teknologi digital dengan konten yang baik.

“Semoga kegiatan ini bisa meluas, agar semuanya paham dan dapat menggunakan internet yang sehat sesuai kebutuhan,” tandas Rita. (Aris)

11 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY