Pelajar di Depok Diberi Edukasi Pencegahan Kanker Serviks

0
43

www.depoktren.com–Ratusan pelajar SMA se-Depok mengikuti seminar kesehatan reproduksi dan kanker serviks yang digelar Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Depok.

“Kami ngin mengedukasi remaja Depok agar terhindar dari penyakit kanker serviks,” kata Ketua Bidang Pendidikan dan Penyuluhan, YKI Kota Depok, Salma, Jumat (13/4/2018).

Salma mengatakan, seminar edukasi kesehatan reproduksi dan kanker serviks rutin diberikan setiap tahun. Namun, yang berbeda hanya sasaran dari seminar kesehatan tersebut.

“Setiap tahun sasaran kami adalah wanita menikah usia produktif, namun sekarang berganti ke pelajar perempuan. Hal itu sebagai upaya pencegahan kanker serviks sejak dini bagi mereka,” ujarnya.

Menurut Salma, dengan adanya seminar, pihaknya ingin memberi penyuluhan agar remaja membentengi diri dari pemicu yang bisa menyebabkan penyakit kanker serviks. Karena itu, pihaknya mencoba mendatangkan dokter untuk menjelaskan kepada siswa untuk menjaga kesehatan reproduksi dan menghindari pergaulan bebas karena banyak penyakit yang bisa ditimbulkan dari perilaku tersebut.

Salma menambahkan, pihaknya berharap warga Depok dapat terbebas dari kanker serviks. Untuk itu, masyarakat juga harus mendapat edukasi seputar kanker serviks yang dapat dicegah sejak dini.

“YKI aktif dalam pencegahan primer dan sekunder. Primer dengan anjuran vaksin. Sedangkan, sekunder itu seperti deteksi dini dengan pemeriksaan pap smear dan IVA khusus bagi wanita yang sudah menikah dan memberi penyuluhan bagi remaja,” pungkasnya. (Aris)

43 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY