Dinkes Depok Beri Pelatihan Perawatan Lansia 

0
35

www.depoktren.com– Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya memberikan perhatian lebih kepada lansia agar semakin bahagia selama hidupnya. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok memberi pelatihan perawatan jangka panjang (PJP) kepada lansia baik yang tergabung dalam organisasi maupun perorangan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, May Haryanti mengatakan, perawatan jangka panjang merupakan sistem kegiatan yang bertujuan untuk memastikan lansia dapat menjaga kualitas tertinggi dalam hidupnya. Tak hanya itu, lansia Depok agar dapat meningkatkan kemandirian dari segi fisik, mental, sosial, dan ekonomi.

“Kami ingin menciptakan lansia yang tangguh dan mandiri lewat pelatihan ini,” ujar May, Rabu (11/4/2018).

Menurut May, dalam pelatihan PJP, pihaknya menggandeng Pusat Kajian Kelanjutusiaan Universitas Indonesia dan Centre For Family And Ageing Studies Universitas Respati Indonesia (CeFAS URINDO) untuk memberikan informasi terkait pendampingan dan perawatan jangka panjang terhadap lansia. Adapun materi yang disampaikan meliputi pengenalan penyakit pada lansia, gizi lanjut usia, komunikasi dengan lansia, serta kualitas hidup lansia.

May menambahkan, untuk peserta pelatihan sendiri melibatkan seluruh organisasi lansia di Kota Depok. Antara lain Perhimpunan Gerontologi Indonesia (PERGERI), Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI), Alzheimer Kota Depok, Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI), serta kerukunan Wredatama. Selain itu, pihaknya juga melibatkan TP PKK Kota Depok dan kader Posbindu atau keluarga lansia.

“Beberapa peserta yang terlibat kami harapkan dapat menindaklanjuti pelatihan ini agar orang lanjut usia di Kota Depok dapat memahami dan mulai menempatkan diri menjadi lansia yang mandiri,” pungkasnya. (Herry)

35 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY