DKPPP Depok Distribusikan Mesin Pertanian Hibah dari Kementan

0
21

www.depoktren.com–Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok mendistribusikan mesin pertanian ke 15 kelompok petani.

Mesin pertanian tersebut merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) Kementerian Pertanian (Kementan).

“Sebanyak 15 kelompok petani padi yang ada di Kota Depok akan mendapatan alat dan mesin pertanian. Bantuan yang akan didistribusikan langsung dan diharapkan ikut meningkatkan hasil panen petani,” ujar Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Holtikultura DKPPP Kota Depok, Hermin Kusmiati di Balai kota Depok, Jumat (6/4/2018).

Bantuan alat dan mesin pertanian itu berupa tiga pompa air serta 25 handsprayer manual dan tiga yang elektrik. Petani yang berhak mendapatkan bantuan tersebut, harus lulus seleksi terlebih dahulu. 

“Minimal kami akan melihat keseriusan dan keaktifan dari petani. Selain itu, ditentukan juga luasan lahan yang dimiliki. Hampir semua kelompok dapat bantuan ini, karena mereka (petani) rata-rata memiliki lahan seluas dua hektare yang menjadi syarat penerimaan bantuan ini. Bahkan, ada yang lahannya mencapai 30 hektare. Untuk satu kelompok terdiri dari 10 petani, nanti ketuanya yang mengatur bantuan ini dipergunakan untuk anggota yang mana dulu atau sifatnya bergilir,” jelas Hermin.

Menurut Hermin, fungsi alat tersebut, untuk menyemprotkan obat atau pertisida sesuai ukuran yang ditetapkan, untuk menyemprotkan pupuk cair, bisa juga untuk proses penyiraman. Sedangkan pompa, untuk menarik air dari dalam tanah. (Herry)

21 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY