Rencana Pembangunan UIII di Depok Terus Dikebut

0
46

www.depoktren.com–Pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Kota Depok akan berdampak positif pada masyarakat. Rencana pembangunan UIII akan terus dikebut.

“Ini proyek strategi nasional, makanya akan dikebut rencananya untuk segera diwujudkan pembangunannya,” ujar Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, usai menghadiri rapat kordinasi Tim Terpadu Bidang A dan Bidang B, guna membahas rencana pembangunan UIII di Hotel Aston Pasteur,  Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

“Sejalan dengan rencana pembangunan UIII di Depok, kami minta disertakan dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) terkait dampak ekonomi dan sosial yang nantinya ditimbulkan. Misalnya seperti kepadatan kendaraan karena akses jalan yang kurang memadai,” terang Pradi.

Menurut Pradi, dalam rapat koordinasi itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengusulkan percepatan dalam pembangunan jalan Tol Cijago dan Desari. Bukan hanya itu, Pemkot Depok juga mengajukan agar pemerintah pusat dapat mengintervensi pembangunan jalur existing seperti Jalan Juanda dan Jalan Cinere serta pelebaran Jalan Raya Sawangan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah dan pusat.

“Tentu usulan tersebut berdasarkan asumsi, akan ada penambahan kurang lebih 5-6 ribu jiwa penduduk dari mahasiswa dalam dan luar negeri atau dosen UII nantinya,” terangnya.

Pradi menambahkan, dibangunnya UIII juga akan menguntungkan Kota Depok. Sebab, Kota Depok tentunya akan ikut dibangun oleh pemerintah pusat.

Untuk diketahui, lanjutnya, di tanah dengan luas sekitar 143 hektar yaitu lahan eks RRI di Jalan Pemancar, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, UIII bakal dibangun di atas lahan 21 hektar. Sedangkan sisanya dijadikan kawasan hijau atau ruang terbuka hijau.

“Dari sisi perizinan, kami juga mengusulkan terkait fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos). Begitu juga terkait keberadaan Rumah Cimanggis juga ikut kami usulkan menjadi peninggalan bersejarah di lokasi tersebut. Saya berharap bangunan itu (Rumah Cimanggis) tetap dipertahankan sebagai warisan budaya,” tandasnya. (Herry)

46 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY