Ini Dia, Daftar 27 Merek Makarel Mengandung Parasit Cacing Temuan BPOM

0
1333

www.depoktren.com–Hasil temuan terbaru Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengungkap bahwa ada 27 merek produk ikan makarel kaleng positif mengandung parasit cacing. Hal itu dijelaskan dalam keterangan resmi kepada media, Rabu (28/3/2018).

“27 merek (138 bets) positif mengandung parasit cacing, terdiri dari 16 merek produk impor dan 11 merek produk dalam negeri,” tulis BPOM.

BPOM sebelumnya telah melakukan sampling dan pengujian terhadap 541 sampel ikan dalam kemasan kaleng yang terdiri dari 66 merek.  Sampai dengan 28 Maret 2018, hasil pengujian menunjukkan produk yang mengandung parasit cacing didominasi oleh produk impor.

Sementara produk dalam negeri terpapar parasit cacing karena bahan bakunya juga berasal dari luar negeri.

Menindaklanjuti temuan tersebut, BPOM telah memerintahkan kepada importir dan produsen untuk menarik produk dengan bets terdampak dari peredaran dan melakukan pemusnahan. 

Selain itu, untuk sementara waktu 16 merek produk impor dilarang untuk masuk ke dalam wilayah Indonesia dan 11 merek produk dalam negeri proses produksinya dihentikan sampai audit komprehensif selesai dilakukan.

Berikut 27 merek sarden yang mengandung parasit cacing berdasar temuan BPOM. Merek ABC ABT AYAM BRAND BOTAN CIP DONGWON DR. FISH FARMERJACK FIESTA SEAFOOD GAGA HOKI HOSEN IO JOJO KING’S FISHER LSC MAYA NAGO/NAGOS NARAYA PESCA POH SUNG PRONAS RANESA S&W SEMPIO TLC TSC

Hasil temuan 27 merek ini merupakan tindak lanjut penjelasan BPOM pada Kamis (22/3) lalu tentang temuan cacing pada produk ikan makarel kemasan kaleng.

Produk yang mengandung parasit cacing didominasi oleh merek impor. (Sumber: Tirto.co)     

1,335 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY