RSUD Depok Gelar Operasi Katarak Gratis

0
25

www.depoktren.com– Untuk mencegah kebutaan permanen yang diakibatkan penyakit katarak, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok melakukan operasi katarak gratis bagi warga dengan teknik phaco emulsifikasi. Operasi untuk 33 pasang mata ini, bekerja sama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia Jakarta Raya (Perdami Jaya) dan Universitas Yarsi.

Koordinator Seksi Penanggulangan Buta Katarak (SPBK) Perdami Jaya, Rita Polana mengatakan, dengan metode phaco emulsifikasi, operasi bisa dilakukan tanpa membuat sayatan lebar. Sehingga proses operasi menjadi cepat, mudah, dan aman tanpa jahitan.

“Satu pasien kami tangani sekitar 15-20 menit, setelah itu pasien bisa langsung pulang yang dibekali dengan obat untuk pemulihan pascaoperasi,” ujar Rita, saat ditemui di RSUD Depok, Sawangan, Sabtu (24/3/2018).

Ditambahkan Rita, biasanya operasi katarak butuh biaya Rp 6-10 juta. Namun, untuk kali ini warga bisa operasi secara cuma-cuma.

“Tidak dipungut biaya sama sekali, seluruh pengobatannya gratis,” terangnya.

Di tempat yang sama, Rektor Universitas Yarsi, Susi Endrini mengungkapkan, kampusnya selama ini rutin melaksanakan bakti sosial operasi katarak gratis. Dalam satu semester, kata Susi, dilaksanakan sebanyak 2 kali di bawah naungan lembaga Yarsi Save Vision .

“Kita tidak hanya mengadakan di wilayah Jabodetabek saja, tetapi juga ke Sumatera, Kalimantan. Ke depan juga ada rencana hingga Papua,” terang Susi.

Sebelumnya, Direktur RSUD Kota Depok, Asloe’ah Madjri mengatakan, operasi katarak gratis dilakukan untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 RSUD Kota Depok dan HUT Kota Depok ke-19. Dalam operasi mata ini, pasien tidak dipungut biaya sama sekali. Mulai dari pemeriksaan awal atau praoperasi, saat operasi, hingga pascaoperasi seluruhnya diberikan secara cuma-cuma.

“Kita melaksanakan bakti sosial (baksos) dengan mengadakan operasi katarak gratis bagi warga Depok, maupun di luar Depok,” ujar Asloe’ah. (Supri/email: depoktrencom@gmail.com)

 

25 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY