Dinkes Depok Aktifkan Kembali Kota Siaga

0
23

www.depoktren.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) akan mengaktifkan kembali Depok sebagai Kota Siaga Aktif dengan membentuk kelembagaan dan mengurus kembali surat keputusan (SK).

Langkah tersebut dilakukan untuk memperkuat program Kota Siaga Aktif yang sudah berjalan hingga tingkat Rukun Warga (RW).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kota Depok, May Haryanti mengatakan, berbagai program Siaga Aktif hingga saat ini masih berjalan. Namun, kelembagaannya tidak diperbaharui sehingga perlu dibentuk kembali.

“Sejak 2006, gerakan dan pembinaan sudah dilakukan dan masyarakat masih menjalankannya sampai sekarang, tetapi perlu diperbaharui sesuai dengan amanah dari Kementerian Keseharan Republik Indonesia,” ujar May, Minggu (25/3/2018).

Menurut May, Kota Siaga Aktif merupakan kota yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah masalah atau ancaman kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan secara mandiri.

Berbagai program pendukung Kota Siaga Aktif yang masih berjalan di lingkungan warga meliputi musyawarah masyarakat di kecamatan, adanya kader kesehatan. Selanjutnya adalah kemudahan akses pelayanan kesehatan dasar di Posyandu, serta dukungan dana untuk kegiatan kesehatan di kelurahan.

Selain itu, peran serta masyarakat dalam kegiatan kesehatan masih besar di berbagai wilayah di Kota Depok. Ditambah adanya kebijakan dari pimpinan wilayah maupun daerah baik Lurah, Camat, maupun Wali Kota, dan pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) rumah tangga.

Diharapkan ,upaya yang dilakukan dalam menghidupkan kembali Kota Siaga Aktif mendapat dukungan dari semua pihak. Mengingat dalam pelaksanaanya membutuhkan peran serta seluruh elemen, terutama masyarakat.

“Masyarakat sangat berperan dalam mewujudkan Depok Siaga Aktif, semoga ke depan seluruh elemen dapat saling bersinergi,” harap May. (Supri/email: depoktrencom@gmail.com)

23 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY