Komunitas Potads Gencar Lakukan Sosialisasi, Hapus Stigma Negatif ABK

0
502

www.depoktren.com–Komunitas Persatuan Orangtua Anak Down Syndrome (Potads) gencar lakukan sosialisasi ke masyarakat guna menghapus stigma negatif masyarakat terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Sebagian masyarakat masih bersifat diskirimanatif terhadap ABK. “Inilah yang mendorong kita untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar lebih peduli dan perhatian terhadap ABK. Sebab, mereka juga memiliki hak yang sama dengan anak normal lainnya. Mereka ini masih sering dibully, bahkan orangtua bisa saling menyalahkan karena belum menerima kondisi anaknya,” ujar Ketua Komunitas Potads Kota Depok, Lia Hayuningtyas, Selasa (20/3/2018).

Menurut Lia, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke berbagai tempat. Mulai dari Sekolah, rumah sakit, dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

“Kalau untuk sekolah di Kota Depok baru di SDN 29 Mekarjaya. Selain itu, rencananya kami juga akan lakukan sosialisasi ke rumah sakit dan Puskesmas,” jelasnya.

Dia menambahkan, saat ini terdapat 120 anak down syndrome di Kota Depok. Dengan jumlah tersebut, terdapat beberapa anak down syndrome yang telah diterima di sekolah umum baik itu di sekolah inklusi maupun Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT).

“Kami berharap Pemerintah Kota (Pemkot) ikut membantu mensosialisasikan kepada masyarakat dan bila ada acara, anak kami ini bisa dilibatkan. Selain itu, dengan adanya kerjasama dengan Pemkot Depok mereka bisa diterima di sekolah-sekolah yang ada,” pungkas Lia. (Aris)

 503 total views

LEAVE A REPLY