Ada 14 Puskesmas Ramah Anak di Depok

0
50

www.depoktren.com–Kota Depok kini memiliki 14 puskesmas ramah anak yang telah memenuhi delapan indikator pelayanan kesehatan ramah anak. “Pencapaian tersebut setara dengan 44 persen dari total 35 Puskesmas di Kota Depok,” kata Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi (Kesga) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Eti Rohati di Balaikota Depok, Sabtu (17/3/2018).

Eti mengatakan, sesuai Surat Keputusan Dinas Kesehatan Kota Nomor 440/2203/Kpts/Umum/2017 pada tahun 2017, sudah 11 puskesmas memenuhi kriteria ramah anak. Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Dinas Kesehatan Kota Depok Nomor 440/0002/Kpts/Umum/2018 per 2 Januari 2018, sudah bertambah tiga Puskesmas Ramah Anak di Depok.

“Alhamdulillah, Puskesmas Ramah Anak terus bertambah di Depok. Tentunya dengan penerapan indikator layak anak yang sudah ditetapkan,” terang Eti

Menurut Eti, penetapan Puskesmas Ramah Anak di tahun 2017 berada di sejumlah wilayah, antara lain Puskesmas Bojongsari, Puskesmas Sawangan, Puskesmas Pancoran Mas, Puskesmas Cipayung, Puskesmas Sukmajaya, Puskesmas Cilodong, Puskesmas Cimanggis, Puskesmas Tapos, Puskesmas Beji, Puskesmas Limo, Puskesmas Cinere.

Sedangkan di tahun 2018, jumlahnya bertambah tiga diantaranya Puskesmas Cisalak Pasar, Puskesmas Sukatani, dan Puskesmas Ratujaya.

“Dalam pemenuhan hak kesehatan, sejumlah indikator ramah anak bagi Puskesmas antara lain tersedianya tenaga kesehatan yang memiliki pengetahuan konvensi hak anak (KHA), tersedianya media dan materi komunikasi informasi edukasi (KIE) terkait kesehatan anak, tersedianya ruang pelayanan konseling khusus bagi anak, dan tersedianya ruang tunggu atau bermain bagi anak yang aman dan nyaman,” tutur Eti.

Selain itu, lanjut dia, indikator lainnya adalah tersedianya ruang laktasi, terdapat tanda peringatan dilarang merokok sebagai kawasan bebas asap rokok, serta tersedianya sanitasi lingkungan Puskesmas. Tidak hanya itu, Puskesmas juga harus menyediakan sarana prasarana dan pelayanan bagi anak penyandang disabilitas.

Diharapkan, ke depan semua puskesmas di Depok dapat memenuhi indikator ramah kepada anak. Tentu dengan dukungan dan sinergitas dari seluruh elemen yang ada di wilayah puskesmas tersebut. “Semoga target ini dapat terealisasi dengan pemenuhan hak anak dalam pelayanan kesehatan di puskesmas,” harapnya. (Aris)

 

 

50 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY