52 Pelajar Ikuti Lomba Pasanggiri, Lestarikan Budaya Sunda

0
80

www.depoktren.com–Ratusan pelajar dari 52 Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Sukmajaya mengikuti Pasanggiri Seni Sunda. Selain bagian dari rangkaian Lomba-lomba Pendidikan (LP) yang serentak dilakukan 11 kecamatan, kegiatan tahunan ini, bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan Sunda sejak usia dini.

“Kota Depok walaupun memiliki ragam kebudayaan, tapi tidak bisa dilepaskan dari unsur kesundaannya. Pasalnya, masih bagian dari Provinsi Jawa Barat. Karena itulah, ajang perlombaan semacam ini menjadi langkah positif untuk mengenalkan anak didik kita tentang apa-apa saja yang terkait kebudayaan Sunda,” ujar Ketua Pelaksana Pasanggiri, Beti Nurbaeti di SDN Mekarjaya 21, Sabtu (03/03/2018).

Beti mengutarakan, Pasanggiri Seni Sunda sendiri terbagi ke dalam lima mata lomba. Yaitu, membaca sajak, pupuhan, kawih, mendongeng Sunda, dan menulis aksara Sunda.

Beti menambahkan, masing-masing lomba memiliki kriteria penilaian tersendiri. Di antaranya penguasaan penampilan, ekspresi, kesesuaian bahasa dan isi. Khusus untuk sajak, imbuhnya, panitia menjadikan empat tulisan sajak dari Taufik Ampera sebagai sajak yang wajib dibaca peserta. Di antaranya yang berjudul, Silih Tulungan, Ninik Anteh, Budak Pahatulalis, dan Budak Pahatu.

Menurut Beti, pihak panitia mengambil 30 pemenang yang diambil dari juara satu sampai tiga di masing-masing jenis perlombaan, baik putra dan putri. Masing-masing dari mereka mendapatkan tropi, sebagai bentuk apresiasi.

Adapun, para pemenang pertama dari kategori putri didominasi oleh sekolah-sekolah di Mekarjaya. Seperti, Lomba Pupuh diraih oleh SDN Mekarjaya 11, Lomba Kawih diraih oleh SDN Mekarjaya 1, Lomba Baca Sajak diraih oleh SDN Mekarjaya 15, dan Lomba Menulis Sunda diraih oleh SDN Mekarjaya 20. Sementara untuk Lomba Dongeng diraih oleh SDN Cisalak 1.

Kategori putra, Lomba Pupuh diraih oleh SDN RRI Nasional, Lomba Kawih diraih oleh SDN Abadijaya 1, Lomba Baca Sajak diraih oleh SDN Mekarjaya 30. Sementara Lomba Dongeng dan Lomba Menulis Sunda diraih oleh SDN Cikumpa.

“Juara pertama dari masing-masing kategori lomba ini akan mewakili Sukmajaya di ajang serupa tingkat kota,” tandasnya. (Azra)

80 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY