DLHK Sedang Kaji Retribusi Sampah

0
69

www.depoktren.com–Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Depok saat ini sedang menyusun dan mematangkan kajian peraturan terkait retribusi pengangkutan sampah dari rumah tangga. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan pengangkutan sampah bagi masyarakat Kota Depok.

“Tidak bisa dim
Pungkiri, untuk penanganan sampah membutuhkan biaya yang cukup besar. Apalagi, saat ini ada rencana untuk membuang sampah ke Nambo dan itu berbayar. Kalau semua dibebankan ke Pemkot Depok, itu berat. Perlu adanya dukungan dari semua pihak untuk menanggulangi masalah tersebut,” ujar Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati, Rabu (14/2/2018).

Menurut Etty, untuk besaran biayanya, pihaknya masih mengkonsultasikan dengan Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, sehingga belum sampai ke tahapan tersebut.

“Terkait besaran biaya, belum kita bahas sampai sejauh itu. Yang jelas saat ini drafnya sudah kami siapkan untuk didiskusikan dengan Bagian Hukum,” jelasnya.

Etty berharap, rencana retribusi pengangkutan sampah dapat berjalan sebagaimana mestinya. Karena ini juga mengacu pada Undang-undang Nomor 18 Tahun 2018 terkait pengelolaan sampah. Di mana setiap pengelolaan sampah dibutuhkan keterlibatan masyarakat, baik materi maupun tenaga.

“Penanganan sampah tidak hanya menjadi urusan Pemkot Depok. Tapi, juga dibutuhkan keterlibatan masyarakat untuk pengelolaannya. Mudah-mudahan dengan adanya retribusi nanti, dapat meningkatkan pelayanan untuk masyarakat,” pungkas Etty. (Masturoh)

69 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY