Puskesmas Sawangan Dapat Akreditasi Madya

0
48

www.depoktren.com–Peningkatan kualitas dan pelayanan yang telah dilaksanakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan berbuah manis. Puskesmas yang membawahi dua kelurahan yakni Kelurahan Sawangan dan Kelurahan Sawangan Baru tersebut, telah diberi akreditasi dengan tingkat Madya.

Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Elin Herliana mengungkapkan, rasa syukurnya atas prestasi yang telah diraih. Akreditasi ini dirasa penting, karena merupakan sebuah pengakuan akan peningkatan mutu pelayanan kesehatan Puskesmas Sawangan.

“Alhamdulillah, Puskesmas Sawangan sudah mendapat nilai akreditasi dengan tingkat Madya. Tentu ini sangat membahagiakan dan membanggakan kita semua,” ujar Elin, Sabtu (3/2/2018).

Menurut Elin, keberhasilan ini merupakan berkat dukungan dan kerja sama lintas sektor yang ada di Kecamatan Sawangan. Dukungan tersebut mulai dari camat, lurah, Danramil, Babin Kamtibmas, tokoh masyarakat, kader, hingga sekolah.

“Kami bertanggung jawab untuk mempertahankan kualitas yang sudah diakui dalam penilaian, sehingga dalam pelaksanaan ke depan kami berusaha tetap on the track dan terus meningkatkan pelayanan,” tuturnya.

Elin mengutarakan, akreditasi yang telah diterima oleh Puskesmas Sawangan, merupakan penilaian hasil dari kegiatan yang sudah dilakukan, baik berupa peningkatan fisik bangunan Puskesmas, IPAL, jaringan komunikasi, instalasi listrik, serta sanitasi. Dalam hal ini Tim penilai akreditasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga melakukan tinjauan lapangan, guna melihat upaya kesehatan masyarakat yang dilakukan Puskesmas Sawangan dengan mengunjungi Posyandu, sekolah, dan UPT Pendidikan.

“Pimpinan Puskesmas juga tak luput menjadi salah satu yang diwawancara eksklusif, termasuk tim kendali mutu Puskesmas, dan auditor internal sebagai pihak yang mengawal jalannya SOP di Puskesmas Sawangan,” pungkas Elin. (Aris/Masturoh)

48 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY