YKPN Hadiri Pekan Pangan Dunia

0
15

www.depoktren.com–Sebagai lembaga nirlaba yang berfokus pada pengembangan kedaulatan pangan Nasional, YKPN (Yayasan Kedaulatan Pangan Nasional) kembali menghadiri event Internasional bidang Pangan di Messe Berlin, Jerman yang bertajuk International Green Week (IGW) 2018. 

Kehadiran YKPN pada event Pangan terbesar di Eropa Barat tersebut merupakan bagian dari Tour Misi Dagang YKPN yang dilakukan pada 23 Januari hingga 2 Februari 2018 di Jerman, Swiss dan Italy.

International Green Week merupakan pameran strategis yang diikuti lebih dari 80 negara, baik Eropa, Asia, maupun Amerika. 

“YKPN dalam kesempatan ini menyempatkan berpartisipasi untuk melakukan Market Survey dan penjajakan kerjasama dengan negara-negara potensial,” ujar Ketua Umum YKPN, Soud Aminah, dalam keterangan pers, Sabtu (3/2/2018).

Aminah mengatakan, kehadiran YKPN merupakan wujud kepedulian lembaganya mendukung program Nawa Cita pemerintahan Jokowi-JK dalam memperkuat promosi produk dalam negeri sekaligus meningkatkan ekspor. 

“IGW 2018 di Berlin ini momentum sangat strategis untuk promosi dan memetakan pasar ekspor Indonesia di mancanegara,” ucapnya

Menurut Aminah, lembaganya ingin pembinaan petani yang dilakukan selama ini bisa dilakukan dari hulu hingga hilir. Tidak semata pendampingan produksi hasil pertanian, tetapi lebih jauh dari itu YKPN pun fokus pada pemasaran produknya, baik di dalam maupun di luar negeri. 

“Semangat kita tentu ingin meningkatkan kesejahteraan para petani. Salah satunya dengan membuka pasar yang seluas-luasnya bagi mereka,” tegas Aminah. 

Ketua Dewan Pakar YKPN, Khairil Fahrurrazi yang ikut dalam Tour Misi Dagang tersebut menambahkan, selain melakukan pemetaan pasar, pihaknya juga melakukan survey pengembangan teknologi pertanian. 

“Kita ingin menjalin kemitraan strategis dengan negara-negara maju untuk alih teknologi pertanian sehingga bisa meningkatkan produktivitas pertanian kita,” jelasnya.

Diutarakan Khairil, produk hasil pertanian kita sebetulnya sudah banyak yang diekspor ke mancanegara, termasuk Eropa. “Kita optimis produk-produk pertanian kita ini bisa bersaing di dunia internasional. Peran kami berikutnya tentu melakukan pengembangan,” kata Khairil. 

International Green Week sebagai event tahunan di Jerman merupakan hajatan yang ditunggu karena berhasil menyelenggarakan event dengan tingkat kunjungan lebih dari 500 ribu orang dengan nilai transaksi lebih dari 48 juta Euro. 

“Ke depan YKPN berusaha senantiasa berpartisipasi dalam event-event strategis di dunia internasional. “Ini merupakan salah satu wujud kehadiran negara dalam diplomasi perdagangan Internasional. Kami ingin turut berperan mendukung program perdagangan pemerintah,” pungkas Khairil. (Aan)

15 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY