Puskesmas Baktijaya Tingkatkan Kesadaran Warga Mewaspadai Penyakit

0
162

www.depoktren.com–Puskesmas Baktijaya dibantu kader Posyandu dan PKK Baktijaya, rutin melakukan survei dan penyuluhan kesehatan kepada sejumlah masyarakat. Tujuannya, untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan warga terhadap berbagai penyakit yang berkembang di wilayah Baktijaya.

Kepala UPF Puskesmas Baktijaya, Anita Rahmawati mengatakan, Survei Mawas Diri (SMD) merupakan kegiatan pengenalan, pengumpulan, dan pengkajian masalah kesehatan yang dilakukan petugas kesehatan di kelurahan. Kegiatan ini, dilakukan dengan mendata warga secara langsung melalui beberapa sampel angket pertanyaan yang tersedia.

“Diharapkan dengan survei ini, timbul kesadaran masyarakat tentang potensi masalah kesehatan di lingkungannya,” kata Anita, Senin (29/1/2018).

Menurut Anita, masing-masing petugas atau kader yang didampingi tenaga kesehatan, mengambil sampel warga secara acak pada 3-5 rumah di semua RW. Usai mengajukan pertanyaan, kemudian data diolah secara sederhana oleh petugas, kemudian akan muncul prioritas masalah kesehatan di wilayah tersebut.

“Hasil SMD, menjadi gambaran secara umum penyakit terbanyak dan potensi penyakit yang terjadi di masing-masing RW. Data tersebut kemudian diserahkan kepada pihak kelurahan, pada saat Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK).

“Diharapkan dengan seperti ini, Perangkat Daerah (PD) khususnya kelurahan bisa melakukan pemetaan untuk tindakan antisipatif, sehingga bisa meningkatkan kehidupan warga yang sehat,” tandasnya. (Imeda)

162 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY