P4K Efektif Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

0
22

www.depoktren.com–Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) cukup serius dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Melalu inovasi tersebut, Dinkes Pemkot Depok meminta puskesmas-puskesmas menerapkan P4K yang cukup efektif menekan angka kematian ibu dan bayi sejak 2016.

“Pada 2015 sebelum adanya inovasi P4K, Kecamatan Cipayung paling tinggi menyumbang angka kematian ibu dan bayi hingga lima kasus, dari 12 kasus yang terjadi di Kota Depok. Setelah adanya program P4K, pada tahun 2016 hampir tidak ditemukan kasus kematian tersebut,” ujar Kepala Puskesmas Cipayung Nur Afiyah, Sabtu (20/1/2018).

Diutarakan Nur, kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan kader kesehatan yang ada di masing-masing kelurahan di Cipayung. Selain itu, pencanangan juga dilakukan bersama dengan Camat Cipayung, lurah, Koramil serta unsur lainnya.

“Kita bersinergi melakukan penempelan stiker P4K ke rumah yang terdapat ibu hamil. Isi stiker tersebut ada data ibu hamil seperti, nama ibu, kapan persalinan, risiko apa, serta nama pendonor jika terjadi pendarahan,” jelasnya.

Untuk sasaran, lanjutnya, pihaknya menargetan 1.000 stiker setiap tahunnya. Namun untuk 2016 dan 2017 hanya ratusan stiker yang terpakai dan yang mendominasi adalah warga dari Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter).

“Dalam pelaksanaan P4K, setelah kader menempel stiker, ibu hamil akan dikenalkan mengenai kasus kematian pada ibu dan bayi. Kader juga akan melakukan pemantauan terhadap ibu hamil, penyuluhan terkait makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil, serta pemberitahuan mengenai tablet penambah darah. Mudah-mudahan dengan upaya ini, dapat mencegah serta menekan angka kematian ibu dan bayi,” pungkas Nur. (Meidya)

22 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY