Moeldoko: Kerapuhan Pangan Ancaman bagi Keamanan Negara 

0
39

www.depoktren.com–Ketua Umun Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menyatakan bahwa sehebat apapun persenjataan sebuah negara, keamanannya akan terancam bila sektor pangannya rapuh. Oleh karena itu sektor pertanian harus mendapat perhatian serius agar segera dibenahi. 

“Ketahanan dan kedaulatan pangan bisa jadi ancaman serius bila petani dan pertanian tidak dibenahi,” ujar Moeldoko dalam siaran pers yang diterima, Senin (15/1/2018). 

Salah satu yang harus menjadi fokus perhatian dalam mengamankan sektor pangan adalah pemberantasan hama tanaman. Maka perlu juga membentuk tim khusus untuk menangani hama demi keamanan pangan. 

“Sebab para petani kini terus-terusan dihajar hama sebagai teror yang meruntuhkan sektor pertanian,” ucap Moeldoko.

Hama yang sulit diatasi ini membuat para petani menderita sehingga menjadi salah satu penyebab berkurangnya animo masyarakat menggeluti bidang pertanian. Akibatnya, jumlah petani Indonesia secara perlahan-lahan semakin mengecil karena tidak ada lagi generasi muda yang mau jadi petani. Ini harus mendapat perhatian serius. 

Hal itulah yang mendorong HKTI akhirnya membentuk tim khusus untuk mengatasi hama pertanian. “Tim ini akan siap selalu membantu para petani yang lahannya diserang hama. Selain itu, tim ini akan terus mengembangkan teknologi untuk mengatasi hama,” terang Moeldoko.

Tim yang dibentuk nanti namanya Brigade Anti Hama. /”Isinya orang-orang yang memiliki kompetensi tentang tumbuh dan mutasinya beragam hama yang saat ini meresahkan petani. Teknologinya juga akan terus dikembangkan. Langkah ini merupakan upaya untuk memajukan dan menyejahterakan petani sekaligus regenerasi,” jelas mantan panglima TNI ini. (Amir/Media Center HKTI)

39 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY