DKPPP Depok Kenalkan Perkebunan Hidroponik

0
70

www.depoktren.com–Keterbatasan lahan di perkotaan mendorong Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok mengembangkan konsep urban farming. Melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang telah terbentuk di Balai Kota, DKPPP mengenalkan puluhan anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) pelatihan berkebun dengan sistem hidroponik.

“Kita ingin memperkenalkan anggota PKK Kota Depok, bahwa di lahan perkotaan masih bisa ditanami berbagai sayuran dan buah-buahan dengan teknik hidroponik. Nah, saat ini kami beri pelatihannya, agar bisa diterapkan di rumah masing-masing,” ujar Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Hortikultura DKPPP Kota Depok, Hermin Kusmiati, di sela pelatihan Hidroponik di Kebun Balai Kota Depok, Senin (15/1/18).

Menurut Hermin, pihaknya berupaya menjadi fasilitator terhadap anggota PKK khususnya Pokja III yang memang membawahi bidang KRPL. Melalui kegiatan ini, dirinya juga ingin memperkenalkan, bahwa untuk menanam, media tanamnya bisa menggunakan barang yang sudah tidak terpakai.

“Kita juga bisa menggunakan media bahan bekas seperti saringan yang sudah tidak terpakai, pipa, botol air mineral, sterofoam dan sebagainya. Ini juga sebagai sosialisasi program Halaman Asri Indah Teratur dan Nyaman (Hatinya) PKK. Wujudnya ya seperti yang ada di KRPL Balai Kota ini,” tuturnya. (Meidya)

70 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY