Dinkes Depok Bertekad Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

0
67

www.depoktren.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bertekad menekan kematian ibu dan anak. Namun, demi menurunkan angka kematian ibu dan anak di Depok memerlukan sinergitas semua elemen pendukung. Antara lain Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keuangan (DPAPMK) maupun TP PKK Kota Depok melalui para kader.

“Dalam meminimalisir angka kematian ibu dan anak tidak hanya tanggung jawab Dinkes saja. Tetapi dibutuhkan peran dari setiap unsur terkait. Semuanya untuk kesuksesan program Kota Layak Anak (KLA) di Depok,” kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, May Haryanti di Balai Kota Depok, Jumat (12/1/2018).

Menurut May, pihaknya terus melakukan upaya untuk menekan angka kematian ibu dan anak. Antara lain dengan peningkatan pelayanan petugas kesehatan di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas). Selanjutnya, pihak puskesmas mengoptimalkan pelayanan juga kepada bidan dan dokter swasta di Depok.

Selanjutnya, pembinaan juga dilakukan Dinkes Kota Depok kepada semua rumah sakit swasta di Kota Depok. Termasuk dalam peningkatan kualitas rumah sakit maupun pelayanan kesehatan bagi ibu hamil. “Alhamdulillah, dengan peningkatan pelayanan yang kami lakukan sudah tidak ada lagi penolakan dari rumah sakit untuk pasien ibu hamil,” terang May.

Dia menambahkan, dengan upaya yang dilakukan Dinkes, Depok diharapkan dapat menurunkan angka kematian ibu dan anak di Kota Depok. “Tentunya juga melalui pelayanan yang lebih prima sesuai kebutuhan ibu hamil,” terangnya. (Meidya)

67 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY