Sekolah, Tempat Efektif Sukseskan Program ORI Difteri

0
110

www.depoktren.com–Program outbreak response immunization (ORI) yang dicanangkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) untuk menanggulangi penyakit difteri telah dilakukan di sejumlah daerah, termasuk Kota Depok. Berbagai upaya pun dilakukan oleh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Depok untuk memaksimalkan capaian target imunisasi, termasuk dengan mendatangi sekolah baik SD, SMP dan SMA.

Penangung Jawab Imunisasi UPF Puskesmas Abadijaya, Dian Susianti mengatakan, pihaknya bersama tim setiap harinya mendatangi sejumlah sekolah untuk memberikan imunisasi. Hal tersebut dikarenakan target pemberian imunisasi adalah anak hingga usia di bawah 19 tahun.

“Kami sedang gencar mendatangi sekolah-sekolah, terlebih mereka baru masuk pasca libur semester, jadi lebih ekstra untuk melakukan imunisasi,” ujar Dian, Selasa (9/1/2018).

Dikatakannya, meskipun batas waktu pemberian vaksin difteri sudah dekat, pihaknya akan terus mendatangi sekolah dan memberikan vaksin kepada anak yang belum diimunisasi. Mengingat, kegiatan belajar-mengajar di sekolah mulai aktif pada awal tahun ini.

“Untuk putaran pertama batasnya sampai besok, tetapi karena vaksin baru kami berikan awal Januari ini, maka akan terus dilakukan. Sebab yang terpenting mereka dapat imunisasi tiga kali sampai Juli mendatang,” ucapnya.

Diharapkan, dengan upaya yang dilakukan seluruh anak di wilayah Kelurahan Abadijaya dan Cisalak yang menjadi tanggung jawab Puskesmas Abadijaya dapat melakukan imunisasi. Dengan begitu nantinya dapat terhindar dari wabah difteri yang dapat menular melalui air liur. (Gilang)

110 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY