Puskesmas Cilodong akan Lakukan Imunisasi Difteri Hingga Februari 2018

0
18

www.depoktren.com–Guna mencegah penyakit difteri di kalangan anak-anak, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong menargetkan 14.082 anak usia 1-19 tahun untuk diimunisasi difteri. 

“Imunisasi tersebut sudah dilakukan sejak Desember 2017 hingga 11 Februari 2018,” ujar Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Ambar Wijajanti, Minggu (7/1/2018).

Menurut Ambar, imunisasi tahap pertama telah selesai dilaksanakan pada Desember 2017. Dimana imunisasi difteri dilakukan di 17 Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Untuk rinciannya yaitu usia 1-5 th sebanyak 1.684 anak, usia 5-7 tahun sebanyak 332 anak, dan usia 7-19 tahun sebanyak 155 anak. Jadi kalau jumlah keseluruhannya sebanyak 2.171 anak yang telah divaksin. Total yang divaksin lebih besar dari target yaitu 1.958 anak, karena ada anak usia sekolah yang divaksin di Puskesmas dan Posyandu.

Selain imunisasi difteri di Posyandu, pihaknya juga akan memberikan imunisasi kepada siswa sekolah. Mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat yang terdapat di Kecamatan Cilodong.

“Kalau imunisasi untuk siswa sekolah, kita akan mulai pada tanggal 11 Januari hingga 10 Februari 2018 karena sekarang banyak sekolah yang masih libur,”.jelas Ambar.

Dia menambahkan, imunisasi difteri akan dilakukan sebanyak 3 kali yaitu Januari, Februari, dan Agustus. Selain diberikan kepada balita dan siswa sekolah, vaksin tersebut juga diberikan kepada tenaga kesehatan dan orang dewasa yang memiliki kontak dengan penderita atau orangtua penderita.

“Karena difteri juga dapat menular melalui air liur, bersin, dan juga udara. Kami juga berharap lewat imunisasi ini, Kejadian Luar Biasa (KLB) segera berlalu, semakin tinggi tingkat cakupan imunisasi difteri, sehingga pencegahannya dapat maksimal,” jelas Ambar. (Meidya)

18 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY