ILUNI UI Gelar Dialog Pembangunan Jabar Jelang Pilkada 2018

0
32

www.depoktren.com–Provinsi Jawa Barat (Jabar) adalah provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia. Berdasarkan data dari laman resmi Pemprov Jabar, provinsi dengan luas 35.377,76 km2 ini didiami sebanyak 46.497.175 juta jiwa. Penduduk ini tersebar di 26 kabupaten/kota, 625 kecamatan,dan 5.899 desa/kelurahan

Tak pelak, Jabar menjadi salah satu ujung tombak perbaikan kesejahteraan serta daya saing nasional. Pergantian Gubernur Jabar yang akan dilaksanakan melalui pemilihan kepala daerah pada tahun depan menjadi momentum untuk merenungkan berbagai tantangan disertai solusi-solusinya.

Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) adalah bagian dari civitas akademika Universitas Indonesia yang tidak ingin menjadi menari gading. Akan tetapi, ILUNI UI yang juga merupakan institusi intelektual, ingin berkontribusi konkret pada perbaikan lingkungan serta masyarakat sekitarnya.

Sebagai perwujudan kontribusi tersebut Iluni UI menyelenggarakan Dialog Pembangunan Jabar yang dihadiri sejumlah nama yang digadang-gadang bakal menjadi calon gubernur Jabar. Mereka antara lain Dedi Mulyadi (Bupati Purwakarta), Ridwan Kamil (Wali Kota Bandung), Irfan Suryanegara (Ketua DPD Jabar Partai Demokrat sebagai perwakilan Deddy Mizwar), dan Mulyadi (Ketua DPD Jabar Partai Gerindra sebagai perwakilan Mayjen (Purn) Sudrajat).

ILUNI UI mengundang panelis dari dosen, alumni, dan mahasiswa UI untuk menyampaikan masukan pada pembangunan Jabar. Mereka adalah Ahmad Rizali (anggota MWA UI), Jachrizal Sumabrata, PhD (Kepala Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik UI), Berly Martawardaya (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI sekaligus Direktur Program INDEF), M Jibril Avessina (pengurus Iluni UI), dan M.S. Mujab (Ketum BEM UI 2017).

Acara ini diselenggarakan di Pusat Studi Jepang, Kampus UI, Depok, Jabar, Kamis (21/12). Semoga acara ini menjadi momentum peningkatan kontribusi civitas akademika UI pada pembangunan Jabar.

Ketua Umum ILUNI UI Arief B Hardhono menjelaskan ILUNI UI mendukung proses demokratisasi di Indonesia. Sebelumnya, ILUNI UI juga proaktif mengawal Pilkada DKI Jakarta. Bentuknya dalam diskusi dengan masing-masing calon gubernur di waktu-waktu yang berbeda.

Khusus untuk Pilkada Jabar, Arief mengatakan ILUNI UI juga berkeinginan menjaga, mengawal, dan mendukung masyarakat untuk memilih calon-calon terbaik untuk posisi Jabar 1. “ILUNI UI memberikan kontrobusi berupa usulan dan masukan,” katanya.

Ia menambahkan, acara ini diadakan untuk mendorong proses perbaikan. Mulai dari segi kebijakan, komunikasi pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta mengurangi kesenjangan dan mendukung keadilan sosial. (Meidya)

32 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY