Pemkot Depok Sedang Kaji Dirikan BUMD Pangan

0
16

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sedang melakukan kajian untuk membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pangan. “Tugas pokok BUMD Pangan nantinya adalah untuk menjamin pengadaan dan stabilisasi harga kebutuhan pangan bagi masyarakat Kota Depok,” kata Kepala Bagian Ekonomi Pemkot Depok, Dwi Rahma, di Balai Kota Depok, Kamis (14/12/2017).

Diutarakan Dwi, pihak sudah mendapat instruksi Wali Kota Depok untuk melakukan kajian mendalam. Untuk melakukan kajian itu, akan dilakukan beberapa tahapan, diantaranya meminta konsultan melakukan studi awal tentang perlu tidaknya membentuk BUMD Pangan.

“Kami juga sudah melakukan konsultasi tentang fungsi dan tanggungjawab lembaga itu terhadap ketersediaan pangan dengan BUMD Pangan DKI Jakarta, Food Station, PD Pasar Jaya dan PD Dharma Jaya,” ungkapnya.

Dwi menuturkan, DKI Jakarta tidak punya lahan pertanian, tapi harga pangannya stabil dan harganya jauh di bawah harga di Depok. Contohnya, ketika harga daging di Depok Rp 130 ribu per kg, di Jakarta hanya Rp 70 ribu per kg dan sampai sekarang pun harganya masih Rp 70 ribu per kg. “Itulah yang mendasari angga perlu mendirikan BUMD Pangan,” tuturnya.

Dwi menegaskan, bahwa BUMD Pangan berfungsi sebagai pedagang besar yang memasok ke pasar-pasar bukan sebagai pedagang ritel. “Dengan fungsi seperti itu, BUMD Pangan tidak akan mematikan pedagang bahan pokok, justru BUMD Pangan bisa sebagai pemasok agar pedagang bisa membeli dengan harga lebih murah. Jadi tak perlu pedagang kecil khawatir,” tegasnya. (Meidya)

16 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY