Secara Swadaya, Warga Rawageni Bangun Jembatan

0
11

www.depoktren.com–Kekompakan warga RT 04/RW 01, Kampung Rawageni, Kelurahan Ratujaya Kecamatan Cipayung, patut diapresiasi. Dengan dana yang ada, warga secara swadaya melebarkan dan meninggikan jembatan yang berada di Jalan Mandor Maryono agar terbebas dari banjir dan sampah yang kerap tersangkut.

“Jembatan ini posisinya rendah. Kalau sudah hujan dan debit airnya deras, sampah dari kali sering nyangkut di jalan ini, sampai akhirnya air kali luber ke jalan. Rencananya kami ingin meninggikan posisi jembatan. Dengan dana swadaya dari masyarakat,” ujar Ketua RW 01 Kampung Rawageni, Kelurahan Cipayung, Jaelani, Minggu (3/12/2017).

Selain meninggikan jembatan, pihaknya juga memperlebar kali agar air dapat mengalir secara leluasa. Karena selama ini lebar kali tidak seimbang dengan debit air yang datang ketika hujan.

“Untuk jembatan kita lebarkan jadi 7 meter, sebelumnya hanya 5 meter. Untuk lebar kali juga kita tambah, sebelumnya hanya 1 meter, saat ini sedang tahap pengerjaan menjadi 1,7 meter,” jelasnya.

Jembatan tersebut, merupakan akses utama masyarakat dari Kampung Rawageni ke arah Cipayung, begitupun sebaliknya. Selama jembatan diperbaiki, untuk sementara masyarakat bisa melalui Jalan Edi Santoso sebagai jalur alternatif.

“Masyarakat bisa menggunakan Jalan Edi Santoso selama jembatan ini diperbaiki. Karena kegiatan ini menggunaan anggaran swadaya, kita belum ada target penyelesaian. Yang jelas secepatnya akan kita rampungkan, agar jalan ini bisa difungsikan seperti semula,” tandas Jaelani. (Papi Ipul)

11 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY