Kegiatan Pramuka Bangun Karakter Anak 

0
61

www.depoktren.com–Kegiatan pramuka merupakan salah satu kegiatan edukasi membangun karakter pelajar. Dikarenakan dapat menciptakan karakter anak yang kuat, ekstrakulikuler kepramukaan di setiap sekolah diwajibkan untuk diikuti pelajar baik tingkat SD hingga SMA.

Wakil Ketua Kwarcab Bidang Pengabdian Masyarakat, Ahmad mengatakan, kegiatan pramuka adalah salah satu ekskul wajib yang diikuti siswa di sekolah. Dengan menerapkan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka,  diharapkan mampu melahirkan pribadi remaja yang baik dalam organisasi maupun kehidupan bermasyarakat.

“Pramuka merupakan kegiatan menyenangkan bagi anak-anak. Pramuka dapat mengembangkan potensi dan karakter. Sebagai contoh, anak diarahkan mencintai lingkungan dan alam, sopan santun, cerdas, berakhlak. Ini sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka yang bersinergi dengan program Pemerintah Kota Depok sebagai Kota Layak Anak,” ujar Ahmad, Minggu (3/12/2017).

Ahmad menjelaskan peran kegiatan pramuka di Kota Depok saat ini sangat besar. Selain melibatkan anak menjadi lebih kreatif, dapat pula sebagai salah satu penangkal kegiatan negatif seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas dan pergaulan yang tidak terarah. “Kegiatan pramuka dapat membentengi diri sendiri, menangkal hal negatif yang tidak sesuai tuntunan norma agama, ” jekasnya.

Dia menambahkan peran serta orang tua dalam mendukung sang anak sangat dibutuhkan.  Menurutnya dengan pramuka, dapat melatih kemandirian anak serta mendapatkan nilai-nilai positif yang akan menjadi kebanggaan orang tua.

“Pramuka sudah bersinergi dengan Pemerintah Kota Depok dan perlu adanya keterlibatan orang tua untuk mewujudkan Depok Kota Layak Anak,” tambah Ahmad. (Meidya)

61 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY