Diskominfo Gandeng BPS Sosialisasikan Data Depok Dalam Angka

0
21

www.depoktren.com–Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok melakukan sosialisasi dan Focus Groub Discussion (FGD) data Depok Dalam Angka (DDA) tahun 2017.

“Kegiatan tersebut melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, kecamatan, dan kelurahan. Kami melibatkan beberapa unsur terkait  guna mendiskusikan kelayakan data yang telah dikumpulkan di wilayah masing-masing,” ujar Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Kota Depok, Shandy Syamsurizal, di Balai Kota Depok, Jumat (1/12/2017).

Shandy mengutarakan, melalui sosialisasi bertujuan agar dapat meningkatkan kualitas atas publikasi DDA baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Tentunya dengan menjaring masukan dari pengguna data mengenai isi DDA. “DDA ini nantinya akan menghasilkan data dengan integritas tinggi untuk menjawab tantangan pembangunan yang berkelanjutan dari hasil yang telah dikumpulkan,” terangnya.

Kepala BPS Kota Depok, Ahmad Muhammad Saleh mengatakan, melalui DDA akan menghasilkan data yang sesungguhnya sesuai dengan keadaan. Dengan demikian, dapat menjadi acuan berbagai program di Kota Depok.

“Data yang dihasilkan melalui DDA ini tingkat kevalidannya tinggi dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan demi meningkatkan pembangunan di Kota Depok,” kata Ahmad. 

Menurut Ahmad, BPS Kota Depok siap bekerjasama dengan Pemkot Depok dalam melakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan kegiatan statistik. Pasalnya, instansi pemerintah paling dasar baik kelurahan maupun kecamatan sangat dekat dengan masyarakat. “Kami akan bersinergi dengan Pemkot Depok dalam penyelenggaraan kegiatan statistik dalam pendukung pembangunan,” tuturnya.

Dia menambahkan, saat pelaksanaannya nanti, kegiatan publikasi Kota Depok dalam angka dan kecamatan dapat memperoleh data dari berbagai sumber. Adapun diantaranya melalui sensus penduduk, pendataan potensi desa atau wilayah, kompilasi data instansi, kompilasi data registrasi penduduk, serta sumber data lainnya. “Banyak sumber yang dapat dijadikan acuan dalam penyelenggaraan statistik yang didapat melalui program pemerintah,” tambah Ahmad.

Diharapkan dengan sinergi yang dilakukan dapat memperoleh hasil yang maksimal. “Tentunya agar lebih mengembangkan sistem statistik yang ada dan mendukung pembangunan,” tandas Ahmad. (Meidya)

21 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY