Keberadaan RW Ramah Anak di Sebagai Wujud Perda KLA

0
16

www.depoktren.com–Keberadaan RW Ramah Anak di Kota Depok dinilai sebagai wujud nyata dari implementasian Peraturan Daerah (Perda) Nomor 15 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak (KLA). Dalam Perda tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) beserta masyarakat harus memenuhi hak-hak anak, salah satunya melalui keberadaan RW Ramah Anak.

“RW Ramah Anak menjadi bukti bahwa Perda KLA yang ada di Kota Depok tidak hanya menjadi peraturan di atas kertas semata. Namun, penerapannya terus terasa serta berjalan di berbagai wilayah,”ujar Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok, Sri Utami, Kamis (30/11/2017).

Menurut Sri, melalui RW Ramah Anak dapat membentuk kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pemenuhan hak anak. Selain memenuhi hak sipil anak, setiap unsur yang terkait RW Ramah Anak juga harus menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pemenuhan hak anak tersebut.

“Semua pihak harus terlibat dalam pemenuhan hak anak. Sebab, saat ini proses pertumbuhan anak tidak hanya menjadi tanggung jawab bagi kedua orangtuanya saja, namun juga masyarakat di lingkungan tersebut,” tuturnya.

Sri menambahkan, tantangan terbesar setelah diresmikannya RW Ramah Anak di suatu wilayah adalah menjaga konsistensi agar setiap program yang telah dirancang dapat terus berjalan. Untuk itu, diharapkan agar ke depan ada gerakan massif dari masyarakat untuk terus melakukan pemenuhan terhadap hak-hak anak.

“Kalau program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik, maka hal ini dapat menginspirasi bagi wilayah lain. Sehingga, nantinya semakin banyak RW Ramah Anak yang terbentuk di Kota Depok,” pungkas Sri. (Meidya)

16 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY