Depok Raih Penghargaan Kota Sehat 2017

0
23

www.depoktren.com–Berbagai upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mewujudkan Depok sebagai kota yang sehat berbuah hasil yakni Kota Depok kembali meraih penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda tahun 2017.

Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda tahun 2017 merupakan penghargaan dua tahunan tersebut, diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa (28/11). “Ini merupakan kali ketiga Kota Depok memperoleh penghargaan Kota Sehat, setelah sebelumnya telah meraih penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Padapa sebanyak dua kali berturut-turut pada tahun 2013 dan 2015 dengan dua tatanan. Sementara untuk kategori penghargaan Swasti Saba Wiwerda merupakan kali pertama diraih Kota Depok,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono di Balai Kota Depok, Kamis (30/11/2017).

Diutarakan Hardiono, penghargaan ini merupakan wujud kerja sama antara unsur-unsur masyarakat dan pemerintah dalam mewujudkan Depok sebagai kota sehat melalui berbagai upaya yang telah dilakukan. Pihaknya berharap, dengan penghargaan kota Sehat ini, masyarakat di Kota Depok lebih peduli dan sadar untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui berbagai upaya promotif dan preventif, sehingga tingkat kesehatan masyarakat di Kota Depok dapat terus meningkat.

“Bukan berarti Kota Sehat itu tidak ada yang sakit, tetapi setidaknya ada upaya-upaya pencegahan dari sektor terkait sesuai dengan tatanan-tatanan tersebut, dan ini juga perlu peran serta masyarakat,” tutur Hardiono. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Noerzamanti Lies menjelaskan, penghargaan ini diperoleh karena Kota Depok telah memenuhi empat kriteria atau tatanan dari sembilan kriteria yang ada. Keempat tatanan tersebut yaitu tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, tatanan ketahanan pangan dan gizi, dan tatanan kehidupan sosial yang sehat.

“Alhamdulillah, di tahun ini untuk Kota Sehat Depok naik peringkat dari sebelumnya Swasti Saba Padapa yaitu hanya dua kriteria atau tatanan,” jelasnya.

Pada penghargaan Kota Sehat ada tiga kategori yaitu Swasti Saba Padapa (dua kriteria), Swasti Saba Wiwerda (empat kriteria), Swasti Saba Wistara (enam atau lebih kriteria).

“Guna mewujudkan Depok sebagai Kota Sehat, ke depan kami akan terus melakukan berbagai upaya dengan menambah tiga tatanan lagi yang perlu disehatkan di antaranya pariwisata sehat, lalu lintas sehat, industri dan perkantoran sehat. Dengan tambahan tatanan ini, nantinya dapat mewujudkan Kota Depok sehat di semua sektor,” tuturnya. (Meidya)

23 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY