DKUM Depok Lakukan Pembinaan Perkuat Komunitas Usaha Mikro

0
19

www.depoktren.com–Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, memberikan pembinaan kepada komunitas usaha mikro yang tersebar di Kota Depok.

Pembinaan tersebut diberikan, guna memperkuat komunitas usaha mikro dalam meningkatkan kapasitas usahanya di tengah ketatnya persaingan.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro (PPUM) DKUM Kota Depok, Rina Fitriani Bahar menjelaskan, kegiatan pembinaan tersebut diikuti oleh 2 komunitas usaha mikro yaitu Komunitas Crafter dari Kecamatan Pancoran Mas dan Komunitas Jangkrik dari Kecamatan Cilodong dengan masing-masing beranggotakan 50 orang. Menurutnya, komunitas-komunitas tersebut perlu pembinaan guna memperkuat usahanya.

“Kedua komunitas usaha mikro ini baru terbentuk, sehingga perlu pembinaan agar usahanya dapat terus berkembang,” tutur Rina, usai membuka kegiatan Pembinaan Komunitas Usaha Mikro di Wisma Hijau, Cimanggis, Depok, Senin (27/11/2017).

Diutarakan Rina, selain memberikan pembinaan, DKUM juga membentuk tim pendamping untuk melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap perkembangan usaha dari komunitas-komunitas tersebut. Menurut Rina, pendampingan akan terus dilakukan hingga produk-produk dari komunitas tersebut sukses dipasarkan.

“Tim pendamping yang dibentuk terdiri dari 4 orang ASN dan 5 non-ASN. Tim ini akan terus mendampingi hingga usahanya menjadi sukses dipasarkan ke luar kecamatan atau luar Kota Depok,” jelasnya.

Ia berharap, melalui pembinaan ini nantinya dapat memunculkan satu produk spesifik yang bisa ditampilkan dari komunitas-komunitas tersebut.

“Mudah-mudahan juga nantinya lewat komunitas-komunitas ini, mereka bisa membentuk sebuah koperasi yang semakin mempermudah mereka dalam mengembangkan usahanya,” pungkas Rina. (Meidya)

19 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY