Banyak Produk Kerajinan Panmas Diserap Pasar Regional

0
13

www.depoktren.com–Produk-produk UKM hasil kreativitas Komunitas Crafter Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), ternyata tidak hanya diminati pasar lokal Depok. Namun, juga diserap pasar regional mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga kota-kota lainnya di luar Pulau Jawa seperti Makassar.

Ketua Komunitas Crafter Kecamatan Panmas, Maseni (45) menjelaskan, keberhasilan komunitasnya tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang terus memberikan pembinaan dan berbagai pelatihan. Lewat berbagai dukungan yang diberikan, kini komunitasnya semakin mandiri dan terampil.

“Alhamdulillah, melalui berbagai pembinaan dan pelatihan yang diberikan oleh dinas terkait, sekarang kita lebih mandiri dan produk-produk kita sudah mulai berkembang dan pemasarannya pun hingga luar Depok,” ujar Maseni, Selasa (28/11/2017).

Diutarakan Maseni, Komunitas Crafter merupakan warga binaan P2WKSS yang baru terbentuk selama 8 bulan yang lalu. Komunitas ini beranggotakan 50 orang yang seluruhnya wanita.

Komunitas tersebut memiliki beragam produk unggulan yaitu tas, sandal, dan bros yang semuanya terbuat dari bahan-bahan daur ulang dan kain perca.

“Dengan adanya komunitas ini, membuka peluang usaha baru bagi ibu-Ibu yang ada di wilayah P2WKSS. Mereka bisa memperoleh penghasilan tambahan untuk kebutuhan keluarganya, rata-rata omzet yang diperoleh sebesar Rp 1 juta per bulan,” jelasnya.

Maseni berharap Pemkot Depok dapat terus mendukung perkembangan UKM melalui berbagai pembinaan dan pelatihan, agar UKM di Kota Depok semakin berkembang.

“Kita berharap lewat dukungan Pemkot Depok dalam memajukan UKM semakin meningkatkan kesejahteraan warga Kota Depok, ” pungkasnya. (Meidya)

13 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY