Arab Saudi dan Cina Bahas Kerja Sama Bilateral

0
28

www.depoktren.com — Presiden Cina Xi Jinping menjalin komunikasi via telepon dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud, Kamis (16/11). Keduanya membahas beberapa isu terkait kerja sama bilateral dalam bidang ekonomi dan keamanan, khususnya terkait ketegangan regional antara Arab Saudi, Iran, Lebanon, dan Yaman.

Berbicara melalui telepon, Presiden Xi mengatakan kepada Raja Salman bahwa tekad Cina untuk memperdalam kerja sama strategis dengan Arab Saudi tidak akan goyah, tidak peduli bagaimana situasi internasional dan regional berubah, kata Kementerian Luar Negeri Cina dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Kamis malam, dikutip laman Al Arabiya.

Xi pun menyatakan dukungannya kepada Raja Salman terkait ketegangan regional yang saat ini tengah dihadapi Saudi. 

“Cina mendukung upaya Arab Saudi untuk melindungi kedaulatan nasional dan mewujudkan pembangunan yang lebih besar,” kata Kementerian Luar Negeri Cina mengutip pernyataan Xi kepada Raja Salman.

Pada kesempatan tersebut, Raja Salman juga memberi selamat kepada Xi atas suksesnya penyelenggaraan Kongres Nasional Partai Komunis Cina ke-19 di Beijing beberapa waktu lalu. Raja Salman pun mengucapkan selamat kepada Xi yang kembali terpilih sebagai sekretaris jenderal Partai Komunis Cina dan dicalonkan kembali sebagai presiden. (Supri)

28 total views, 3 views today

LEAVE A REPLY