Bagi yang Kangen Ayah

0
40

Bagi yang Kangen Ayah

*Oleh:
Rusdy Nurdiansyah

Wali Kota Depok, Mohammad Idris curhat sebagai sosok ayah melalui tulisannya dengan kata-kata puitis. Hal itu dilakukannya untuk memperingati Hari Ayah Nasional 2017 yang jatuh pada 12 Nopember.

“Sosok ayah perannya cukup besar, berikhtiar dan berjuang demi keluarga. Mendidik istri dan anak-anaknya untuk taat beribadah menjalankan perintah agama dan berprilaku baik dalam kehidupan sosial,” ujar Idris, Minggu (12/11).

Menurut Idris, Hari Ayah itu terkonsep untuk menghormati peran ayah, karena ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga dan menjaga kehormatan keluarga, agama dan negara Indonesian yang dicintainya. “Ayah merupakan imam keluarga,” tegasnya.

Idris sebagai seorang ayah dan pemimpin Kota Depok juga memposisikan sebagai ayahnya masyarakat Kota Depok. “Saya mengucapkan Selamat Hari Ayah,” ucapnya.

Idris kemudian menuliskan ungkapannya sebagai seorang ayah dengan kata-kata puitis yang cukup menyentuh. Berikut tulisan orang nomor satu di Kota Depok ini yang menang cukup jadi panutan keluarga.

Ayah ada dan selalu ada ….
Ayah, tekad berjuang dalam keluarga….
Ayah, berani berkorban dengan segalanya….
Ayah, setia menjadi terdepan sebagai pembimbing, pengayom, penuntun dan kiranya, siap menjadi pemimpin.

Terima Kasih kepada para ayah yang menjadi ayah yang selalu ada di tengah keluarga, istri dan anak anak tercinta serta semua yang mendambakannya.

Bersama para ayah tangguh sang Pilar Utama Ketahanan Keluarga, Saya sebagai seorang ayah dan diberikan amanah tak hanya sebagai pemimpin keluarga juga dipercaya sebagai pemimpin masyarakat Kota Depok yang bertekad menjadikan Kota Depok yang Unggul, Nyaman dan Religius.

Salam cinta dari seorang ayah dan Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

***

Menurut sumber Wikipedia, Hari Ayah merupakan salah satu hari penting yang sudah dirayakan sejak awal abad ke-12.

Di Amerika Serikat dan lebih dari 75 negara lain, seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hongkong dalam Hari Ayah atau Father’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni, dan dirayakan hampir di seluruh dunia yang dimulai pada awal abad ke-12.

Biasanya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. Selain semua itu juga Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga.

Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional atau International Men’s Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap 19 November.

Sosok ayah, juga menjadi inspirasi para penyanyi luar negeri yakni Father and Son karya Cat Stevens (Yusuf Islam)

Father and Son merupakan lagu hits Cat Stevens pada 1970 yang berkisah tentang perbedaan pendapat antara ayah dan anak. Musisi Inggris yang di kemudian hari berganti nama menjadi Yusuf Islam itu juga berduet dengan Ronan Keating membawakan versi baru lagu tersebut.

Selain itu ada lagi Dance With My Father yang ditulis penyanyi RnB luther Vandross Richard Marx. Lagu yang berkisah tentang pengalaman masa kecil Luther Vandross ini sangat populer 2003 silam. lagu ini juga memenangkan Song of The Year dan Best Male R&B Vocal Performance dalam ajang Grammy Awards 2003.

Di Indonesia, sosok ayah juga dijadikan inspirasi dalam sebuah karya lagu. Almarhum Rinto Harahap bersama groupnya The Mercy’s, telah menciptakan lagu Ayah. Mungkin lagu inilah yang paling fenomenal dan masih terdengar dinyanyikan dimana-mana, jika.seseorang kangen akan sosok ayah. Dengan lirik dan lagu yang mengiris, lagu ini seakan menjadi lagu wajib untuk mengenang sosok ayah mencintai keluarganya.

Setidaknya ada dua lagu Indonesia lagi tentang ayah yang cukup populer ditelingga kita, yakni lagu Titip Rindu Buat Ayah karya Ebiet G. Ade.

Titip Rindu Buat Ayah ditulis Ebiet G. Ade pada 1980 silam. Lagu yang bercerita tentang kerinduan Ebiet terhadap sang ayah ini terinspirasi dari hubungannya yang kurang harmonis dengan ayahnya dan berakhir happy ending.

Lalu, ada lagu yang cukup menyayat hati mendengar gambaran sosok ayah yang didendangkan Ada Band feat Gita Gutawa bertajuk Yang Terbaik Bagimu.

Lagu Yang Terbaik Bagimu sempat menjadi hits pada 2004 lalu. Kolaborasi Ada Band dengan Gita Guawa tersebut juga tampak manis dalam video klipnya di mana ayah Gita, Erwin Gutawa turut tampil.

***

Selain ibu, ayah juga adalah figur yang sangat penting dalam sebuah keluarga. Sosoknya memiliki peran yang sangat besar dan sudah sepantasnya ayah mendapat porsi penghargaan yang tak kalah besar dari sosok ibu.

Pemerintah menetapkan ada Hari Ibu pada 22 Desember, lalu ada Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April. Kenapa pemeritah tak menetapkan ada Hari Ayah?

Sadar begitu pentingnya juga peran seorang ayah dalam kehidupan agama, keluarga, nusa dan bangsa, maka, pada 2006, Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menetapkan Hari Ayah Nasional yang sejatinya diperingati setiap 12 November.

Peran ibu memang sangat sentral, tapi peran ayah juga tanpa pamrih, bekerja keras dan penuh tanggungjawab memenuhi kewajibannya sebagai kepala keluarga, mencari nafkah hingga larut, mungkin hanya sekedar mencari ‘sesuap nasi’. Dari kecil, ayahlah yang selalu mencintai keluarga tanpa lelah.

Jadi sosok ayah janganlah dipandang sebelah mata, dia akan sangat kehilangan sekali jika anak-anaknya yang beranjak dewasa menikah dengan pria yang tak dikenal sebelumnya dan, dialah yang ‘diam-diam’ berdoa untuk kebahagiaan istri dan anak-anaknya. Ayah akan selalu merindukan keluarga setiap saat hingga ‘termakan’ usia dan ajal menjemput.

Apakah ada, lelaki yang begitu cinta dan setia di dunia ini kecuali ayah? Tak ada lelaki di dunia ini yang rela mengorbankan segala hal yang dia punya dari waktu, tenaga, hingga harta. Ya, cuma dialah yang bisa melakukan kesetiaan begitu dalam dan tulus.

Ayah memilik sifat gengsi yang begitu tinggi dan sangat susah ucapkan kata-kata cinta dan sayang, tapi cukup dalam hati, dia rela mengorbankan apa saja demi cinta dan kebahagiaan keluarganya.

Di Hari Ayah Nasional ini, sudahkah kita berterima kasih dan memeluk erat lelaki terhebat dalam hidup ini? Ya, dia adalah ayah

Selamat Hari Ayah dan ini akan menjadi pengobat rindu bagi siapa saja yang kangen dengan kehadiran sosok ayah, yang selalu merindukanmu setiap saat, tapi kadang jasanya terlupakan begitu saja. Mudah-mudahan tidak dan selain ibu, kita akan kangen ayah.

Penulis:
Wartawan Senior Republika
Ketua Pembina Depok Media Center (DMC)

40 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY