Jadi Kangen Masakan Ibu

0
17

Jadi Kangen Masakan Ibu

Oleh :
Rusdy Nurdiansyah

“Masakan seorang istri selalu membuat seorang suami kangen rumah”

Kata-kata itu, membuat pagi tadi saya terngiang masakan yang kerap disajikan ibu untuk disantap ayah, saya, kakak-kakak dan adik-adik. Msakan ibu selalu membuat kangen seisi rumah, dan itulah yang membuat rumah tangga keluarga kami selalu bahagia, rukun dan damai.

Seorang wanita, harus menyadari, memasak untuk suami dan keluarganya itu bisa menimbulkan rasa sayang dan cinta sekaligus menjadi kegiatan ibadah.

Sebagai seorang wanita muslimah, diamanahkan untuk bertanggung jawab atas suami dan rumah tangga dan menyiapkan makanan kepada suami dan keluarga menimbulkan cinta sejati dan diridhoi Allah SWT.

***

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang kepemimpinannya. Penguasa adalah pemimpin, seorang laki-laki adalah pemimpin atas keluarganya, wanita adalah pemimpin atas rumah suaminya dan anak-anaknya. Jadi, setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang kepemimpinannya.” (HR. Bukhari)

Bagi seorang wanita muslimah wajib menyiapkan santapan bagi keluarganya sebaik mungkin, demi melayani hamba-hamba Allah yang shalih, semisal suami, anak-anak, orang tua, dan semua orang yang ikut menikmati masakan yang kita masak.

Dengan begitu, seorang wanita muslimah akan ikut mengecap pahala yang Allah berikan kepada mereka, di mana sebenarnya kita sudah ikut membantu amal perbuatan mereka.

***

Percaya atau nggak yang membuat selalu kangen rumah selain wanita sholeha dan juga masakannya, dan itulah yang membuat banyak suami pasti kangen rumah.

Bayangin saja kalau ibumu nggak bisa masak, hal apa yang bisa membuat Kamu kangen rumah selain ibumu?

Bagi seorang suami, masakan rumah lebih ngangenin dari makanan rumah makan mewah sekalipun. Masakan dirumah dibuat tidak hanya dengan bumbu-bumbu saja, akan tetapi ditambah dengan cinta dan kasih sayang.

Kalau wanita yang baik mau suami dan keluarga selalu kangen rumah, salah satu caranya adalah buat sang suami selalu senang masakan dirumah.
Bayangin saja kalau makanan dirumah yang masak asisten rumah tangga atau membeli dari restoran, bisa-bisa sang suami bukan kangen rumah malah karena asistenmu atau kangen dengan wanita yang kerap memasak dan menyajikan makanan ke suamimu.

Bagi sebagian besar laki-laki, memilih wanita tak sekedar berwajah cantik, bertubuh seksi, berdandan menor dan juga tak sekedar taat beribadah, tapi ada satu yang sering luput jadi perhatian seorang wanita yakni seorang wanita yang pintar memasak. Lengkap sudah sosok wanita yang pasti akan diidam-idamkan seorang pria.

Seorang istri yang pintar masak, pasti akan membuat suaminya betah di rumah dan malas membeli makan di luar. Masakan yang enak bisa menjadi salah satu perekat cinta seorang suami kepada istrinya. Bahkan memasak untuk menyenangkan suami bisa menjadi ladang pahala jika diniatkan untuk ibadah kepada Allah. Karena salah satu ciri istri shalihah adalah berusaha dengan sungguh-sungguh untuk memenuhi semua hal yang disukai suaminya selama tidak dalam bermaksiat kepada Allah.

Untuk itu tidak ada salahnya bagi seorang muslimah untuk menyiapkan santapan bagi keluarganya sebaik mungkin, demi melayani hamba-hamba Allah yang shalih, semisal suami, anak-anak, orang tua, dan semua orang yang ikut menikmati masakan yang dimasak seorang istri. Dengan begitu, seorang istri muslimah akan ikut mengecap pahala yang Allah berikan, di mana sebenarnya sang istri sudah ikut membantu amal perbuatan mereka.

Bukankah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hendaklah kalian saling memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai.” (HR. Bukhari).

***

Saya jadi menerka, mengapa Ibu tidak pernah melarang masakannya untuk dimakan dahulu, bahkan sampai habis padahal ia belum memakannya satu pun. Karena ibu sudah bahagia, melihat masakannya habis. Mungkin seperti juga tadi. Ketika seorang istri menyiapkan makanan untuk suami dan anak-anaknya melahap habis masakan yang dimasak sang istri.

Masakan buatan Ibu dan istri apa yang paling membuat kamu rindu? Apapun itu, hargailah…karena kelak itulah yang membuatmu ingin pulang, kangen rumah. Mau dikangenin, suami dan cepat pulang ke rumah? Hai… wanita. kamu harus pintar memasak sehingga kamu semakin sempurna seorang wanita.

Hayoo, siapa di sini yang lagi kangen masakan ibu? Nggak cuma kangen sosoknya tapi juga kangen masakan ibu yang pasti sering kamu bangga-banggain ke temanmu. 

Pasti setuju kan kalau masakan ibu kita itu paling enak? Jadi kangen masakan ibu nih….I Love You Mom.

Penulis:
Wartawan Senior Republika
Ketua Dewan Pembina Depok Media Center (DMC)

17 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY