DLHK Depok akan Lakukan Konservasi Gantikan Pohon yang Ditebang 

0
29

www.depoktren.com–Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok terus melakukan upaya untuk menggantikan pohon yang tumbang, maupun ditebang akibat dimakan usia. Salah satunya dengan melakukan konservasi atau pun penanaman kembali bibit pohon.

“Beberapa bulan terakhir ini, DLHK banyak sekali mendapatkan surat permohonan untuk penebangan pohon dengan berbagai macam alasan. Seperti faktor musim hujan karena bisa membahayakan, faktor usia maupun kepentingan pelaku usaha. Untuk menggantikan, kami berupaya melakukan aksi tanam pohon di seluruh wilayah di Kota Depok” ujar Kepala DLHK Kota Depok, Etty Suryahati, di Balai Kota Depok, Kamis (26/10/2017).

Etty menjelaskan, satu batang pohon akan menghasilkan 1,2 kilogram oksigen per hari, sedangkan satu orang bernafas membutuhan 0,5 kilogram oksigen per hari. Artinya, menebang satu pohon di kota, sama saja dengan mengurangi jumlah oksigen untuk dua orang. Untuk itu pihaknya selalu melakukan penanaman pohon secara berkala.

“Untuk tahun 2017 ini, kami sudah mendistribusikan sebanyak 1.300 pohon ke masyarakat. DLHK Depok telah melakukan penanaman pohon sebanyak 300-400 pohon yang tersebar di seluruh Kota Depok, belum lagi masyarakat lain yang melakukan penanaman sendiri dan tidak terpantau. Aksi ini akan terus kita lakukan sebagai upaya menyadarkan masyarakat akan pentingnya keberadaan pohon,” tuturnya.

Kepala Bidang Pertamanan, DLHK Depok, Diana mengimbau masyarakat untuk terus melakukan aksi tanam pohon, dimulai di lingkungan rumah masing-masing. Masyarakat juga diminta untuk bisa memanfaatkan setiap jengkal lahan kosong untuk ditanami pohon.

“Pelestarian lingkungan tidak hanya tugas dari pemerintah, masyarakat juga harus ikut andil. Mudah-mudahan dengan cara gotong royong dan kerja sama dalam aksi penanaman pohon, dapat bermanfaat untuk kita dan anak cucu nanti,” pungkas Diana. (Indah)

29 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY