Cegah Penyakit, Anak-anak Harus Dibudayakan Cuci Tangan

0
27

www.depoktren.com–Meski Hari Cuci Tangan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober 2017 telah berlalu, namun tidak menyurutkan semangat Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok untuk memberikan sosialisasi pentingnya budaya cuci tangan dengan melibatkan 76 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida mengatakan, budaya mencuci tangan secara benar harus diterapkan sejak dini. Sebab, mencuci tangan adalah salah satu upaya mencegah bakteri, kuman, dan penyakit masuk ke dalam tubuh.

“Kita ingin sosialisasikan membiasakan cuci tangan. Itu memang suatu keharusan yang dilakukan sejak dini, karena bakteri dan kuman yang yang masuk ke dalam tubuh itu salah satunya melalui tangan,” tutur Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida, Selasa (24/10/2017).

Elly mengutarakan, membudayakan kebiasaan mencuci tangan sejak dini adalah bagian dari Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Dengan edukasi mencuci tangan sejak dini, diharapkan bisa menjadi kebiasaan bagi anak-anak yang nantinya menjadi suatu budaya.

“Anak-anak terkadang tidak menyadari bakteri atau kuman ada di tangan, makanya perlu membiasakan mereka untuk mencuci tangan pakai sabun sebelum makan atau seusai melakukan berbagai aktivitas,” tuturnya.

Dia berharap melalui sosialisasi tersebut, mampu memberikan pemahaman kepada anak-anak untuk menerapkan PHBS sejak dini, sehingga anak-anak dapat terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman dari tangan.

“Cuci tangan harus menjadi budaya oleh anak-anak sejak dini, agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kuman melalui tangan,” Harap Elly. (Meidya)

27 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY