2018, Sebagian Sampah di Depok akan Dibuang ke Nambo

0
28

www.depoktren.com–Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Depok berencana pada 2018 akan membuang sebagian sampah di Depok ke Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) regional di Nambo, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

“Mulai tahun 2018 volume sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Depok akan sedikit berkurang, karena akan dialihkan ke TPPAS regional di Nambo, Bogor. Kami sudah melakukan MoU kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar),” ujar Kepala DLHK Kota Depok, Etty Suryahati di Balai Kota Depok, Selasa (24/10/2017).

Menurut Etty, disepakati Depok mendapat jatah pengiriman sampah ke TPPAS Nambo sebanyak 250 ton per harinya. Adapun kesiapan TPPAS Nambo menerima seluruhnya sampah dari Depok baru dapat direalisasikan pada 2019. Pada 2018, baru hanya sebagian sampah di Depok yang dibuang ke TPPAS Nambo .

“Sebenarnya TPPAS Nambo baru siap menerima sampah pada 2019. Tapi kita dorong agar 2018 bisa melakukan pembuangan sebagian sampah. Sementara 250 ton dulu per hari pada tahun 2018, nanti pada 2019 diharapkan bisa membuang sampah 600 ton per hari,” harapnya.

Diutarakan Etty,TPA Cipayung saat ini menerima sedikitnya 1.200 ton sampah warga Kota Depok per harinya. Dengan dibukanya akses sampah Kota Depok ke Nambo, diharapkan mampu menekan volume sampah di TPS Cipayung.

“Mudah-mudahan dengan dioperasikannya TPPAS Nambo yang memiliki luas lahan kurang lebih 50 hektare, bisa mengurangi gunungan sampah dan operasional truk yang lalu lalang ke TPA Cipayung,” tutur Etty. (Meidya)

28 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY