Dinkes Depok Beri Sosialisasi Cegah Kanker Serviks ke 75 Bidan 

0
45

www.depoktren.com–Untuk mencegah kanker serviks sejak dini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) melakukan sosialisasi pemeriksaan IVA. Kegiatan yang diikuti oleh 75 bidan ini, bertujuan untuk membangun pemahaman akan pentingnya mendeteksi kanker sejak dini.

Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular Dinkes Kota Depok, Agus Gozali mengakui, kanker serviks dapat dicegah. Pemeriksaan IVA merupakan salah satu metode penting untuk mencegah kanker sejak dini. “Kami berharap dengan dilakukan sosialisasi pencegahan kanker serviks ke para bidan dapat membantu memberikan pemahaman ke masyarakat,” harap Agus di Balai Kota Depok, Senin (23/10/2017).

Agus juga mengimbau masyarakat harus melakukan pemeriksaan IVA minimal 1 tahun sekali. “Pemeriksaan IVA ini dapat mencegah dan mengurangi peningkatan masyarakat dalam menghindari penyakit kanker,” terangnya.

Perwakilan Female Cancer Program (FCP) FKUI RSCM Jakarta Amy Cynthia mengutarakan, kanker serviks telah menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Namun, masih banyak masyarakat yang kurang mendapatkan edukasi tentang kanker serviks dan belum mengetahui kanker serviks ini bisa dicegah.

“Kanker serviks penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita, kanker serviks ini merupakan satu-satunya kanker yang dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi HPV melalui pencegahan primer, sekunder dan skrining seperti papsmir,” jelasnya.

Amy menambahkan, dengan vaksinasi HPV ini membuat tubuh membentuk antibodi terhadap virus HPV. “Vaksin ini, dapat diberikan kepada anak-anak mulai dari usia 9 tahun sampai dengan 12 tahun dan untuk dewasa dapat diberikan sampai usia 55 tahun,” tuturnya. (Meidya)

44 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY