Puskesmas di Depok Diminta Jaga Kualitas Pelayanan 

0
34

www.depoktren.com–Seluruh Puskesmas di Kota Depok yang telah berhasil melalui proses akreditasi diminta tetap menjaga kualitas baik dari segi pelayanan maupun sarana dan prasarana. Hal tersebut dimaksud agar masyarakat dapat terus merasakan pelayanan kesehatan yang maksimal saat berada di Puskesmas.

“Pelayanan di Puskesmas harus terus unggul dan utama karena ini bergerak dibidang jasa kesehatan,” ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Depok, Enny Ekasari di Balai Kota Depok, Kamis (19/10/2017).

Enny mengutarakan, pelayanan yang harus dilakukan adalah dengan loket pendaftaran yang teratur, proses pemeriksaan yang sesuai aturan, serta yang juga harus diperhatikan adalah saat pengambilan obat.

Selain itu, sarana dan prasarana harus terus ditingkatkan baik lansia maupun untuk anak-anak. Bagi lansia, Puskesmas harus bisa memprioritaskan dengan maksimal. Sedangkan untuk anak-anak, Puskesmas harus bisa menyediakan ruang bermain anak yang nyaman dan ramah anak. “Hal-hal mendasar harus diperhatikan, jika sudah tersedia, keberadaannya harus terus ditingkatkan,” harap Enny.

Dia berpesan kepada seluruh Puskesmas untuk terus bersinergi menjaga kualitas dan mutu pelayanan. “Tentunya agar masyarakat lebih nyaman dalam menikmati pelayanan kesehatan yang ada,” imbuh Enny.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cimanggis, Lely Nurlaely menuturkan, peningkatan derajat kesehatan masyarakat menjadi fokus utama Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Berbagai inovasi terus dilakukan untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang semakin optimal. “Salah satunya kami menyediakan layanan Nursing Center di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cimanggis,” tuturnya.

Menurut Lely, layanan Nursing Center merupakan bagian dari upaya pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui integrasi pendidikan. Selain itu, layanan yang baru berjalan pada tahun 2017 tersebut sebagai bagian dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan keluarga.

Lely menjelaskan, dalam pelaksanaan layanan tersebut, UPT Puskesmas Cimanggis bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI), serta Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok. Dia juga menyebut bahwa terdapat sejumlah kegiatan pelayanan yang dilakukan melalui Nursing Center. (Meidya)

34 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY