DKPPP Depok Imbau Masyarakat Terapkan Pola Makan Bergizi, Seimbang dan Aman

0
36

www.depoktren.com–Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok mengimbau seluruh masyarakat untuk menerapkan pola makan yang mengandung unsur Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Selain bergizi dan menyehatkan, menu tersebut juga terjangkau untuk mewujudkan ketahanan pangan dalam keluarga.

“Melalui B2SA, masyarakat dikenalkan dengan ketahanan pangan. Setiap makanan yang disajikan harus memenuhi unsur B2SA. Seperti buah segar, sayuran dan proteinnya yang bisa diambil dari ikan maupun kacang-kacangan,” ujar Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Hortikultura DKPPP Depok, Hermin Kusmiati, di Balai Kota, Depok, Selasa (17/10/2017).

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga kerap melakukan beberapa program seperti Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), Gerakan Intensif Minum Susu dan Makan Telur (Gerimis Telur) dan pelatihan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di seluruh kecamatan yang ada di Kota Depok.

“Program-program tersebut juga merupakan inovasi lain dalam ketahanan pangan di Kota Depok. Kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap tahun, rencananya ke depan ada kegiatan gemar makan sayur, gemar makan buah dan inovasi lainnya,” tuturnya.

Dia berharap, berbagai sosialisasi yang dilakukan Pemkot Depok dapat mengubah mindset masyarakat bahwa makan tidak hanya enak, namun mengandung B2SA. Selain itu, jumlah kalori dalam makanan, tidak boleh berlebih yang penting bervariasi jenis lauknya.

“Mudah-mudahan dengan berbagai program yang digulirkan, dapat mengubah mindset masyarakat. Ketahanan pangan dalam lingkup terkecil seperti keluarga misalnya, hanya bisa diciptakan keluarga itu sendiri,” pungkas Hermin. (Meidya)

36 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY