DPAPMK Sediakan Penitipan Anak bagi ASN Depok

0
41

www.depoktren.com–Upaya pemenuhan hak anak di kluster 2 yakni pengasuhan alternatif, dilakukan Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Mayarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok dengan menyiapkan sebuah Taman Penitipan Anak (TPA) Mawaddah.  TPA yang terletak di Gedung Dibaleka 2 lantai 1 ini, mulai tanggal 17-20 Oktober 2017  akan membuka pendaftaran bagi ASN yang berminat menitipkan anaknya di ruang khusus tersebut.

Kepala DPAPMK Kota Depok, Eka Bachtiar mengatakan, TPA ini akan diperuntukkan bagi anak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di lingkungan Balai Kota Depok dengan usia 3 sampai dengan 12 bulan.

“Saat ini targetnya masih diperuntukkan bagi ASN memiliki anak yang masih ASI eksklusif, seminggu ke depan kita akan data terlebih dahulu,” ujarnya, ketika dijumpai di Kantor DPAPMK, Selasa (17/10/2017).

Dalam masa pendaftaran ini, katanya, para orang tua yang mendaftar nantinya akan diwawancara terlebih dahulu oleh petugas. Mulai dari apakah anak mengidap alergi tertentu, kesulitan tertentu pada anak, atau pun ketakutan anak pada hal-hal tertentu.

Dirinya juga menambahkan, sementara ini pengasuh yang sudah tersedia baru dua orang. Namun, jika nanti kebutuhannya lebih banyak akan ditambah lagi sesuai situasi dan kondisi.

“Kalau dari pengasuh sudah ada 2, untuk pengawasan medis kita akan kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), sedangkan psikolog kita ada dari P2TP2A Kota Depok, serta pengawas terhadap jalannya TPA akan bekerja sama dengan PKK dan Dharma Wanita Persatuan (DWP),” jelasnya.

Dalam kegiatan sehari-hari anak yang dititip di TPA tersebut, kata Eka, sudah disiapkan berbagai mainan edukatif yang aman bagi anak serta mampu merangsang motorik kasar dan halus sang anak. Anak juga bisa beristirahat, karena TPA juga menyiapkan kasur sehinggga anak bisa tidur dengan nyaman.

“Kita inginnya, kalau orang tua yang sudah menitipkan anaknya ke sini tidak hanya ketemu ketika menitipkan dan dijemput saja. Tetapi, kalau bisa sesekali dilihat kondisinya di sela-sela menjalankan tugas sehari-hari,” pungkasnya. (Meidya/depok.go.id)

41 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY