Pemkot Depok Lakukan Sweeping Agar Seluruh Anak Dapat Imunisasi MR

0
42

www.depoktren.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melakukan sweeping atau penyisiran ke beberapa wilayah untuk melakukan imunisasi Measles Rubella (MR) di beberapa wilayah di Kota Depok, Kamis (12/10/2017) lalu.

Berdasarkan data yang dihimpun Dinkes Kota Depok, cakupan imunisasi MR dari 1 Agustus hingga 11 Oktober 2017 tercatat sudah mencapai 97,92 persen. Artinya sudah sebanyak 444.686 anak yang telah diimunisasi MR. Sementara sisanya akan terus dilakukan penyisiran hingga batas akhir imunisasi nasional pada 14 Oktober 2017 mendatang. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong, Ambar Wijajanti yang melakukan penyisiran imunisasi MR mengatakan, penyisiran tersebut akan terus dilakukan hingga batas waktu yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) yaitu sampai 14 Oktober 2017.

“Kita akan terus melakukan sweeping ke sekolah-sekolah dan wilayah RT, dengan harapan upaya yang kita lakukan meningkatkan cakupan imunisasi MR dan semua anak di Kota Depok terbebas dari campak dan rubella,” tuturnya.

Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida juga melakukan penyisiran terhadap beberapa wilayah yang capaian imunisasiMR dirasa masih kurang. Upaya ini cukup efektif, karena di beberapa tempat ditemukan anak yang ternyata belum diimunisasi.

“Kita ingin memastikan semua anak yang ada di Kota Depok telah terimunisasi MR. Kita akan terus melakukan upaya jemput bola bagi yang belum sempat diimunisasi dengan mendatangi sekolah-sekolah dan juga rumah warga,” jelas Elly usai melakukan kunjungan lapangan Pekan Imunisasi MR di SMP Islam Arridho dan MI Al Jihad,  Kecamatan Cilodong, Depok.

Dia menjelaskan, dari hasil penyisiran yang dilakukan masih terdapat sejumlah siswa yang belum mendapatkan imunisasi MR. Ini dikarenakan berbagai faktor, seperti anak sakit atau tidak masuk sekolah pada waktu imunisasi MR.

“Kita juga akan memberikan penyuluhan kepada orang tua, karena masih ada yang tidak mau anaknya diimunisasi MR. Ini dikarenakan masih minim pengetahuan mereka tentang imunisasi, dan beredarnya informasi yang tidak benar terkait MR.  Alhamdulillah, kemarin di Kecamatan Pancoran Mas, setelah kita edukasi, beberapa orang tua bersedia anaknya diberi imunisasi,” ungkap Elly.

Elly yang juga istri Wali Kota Depok, Mohammad Idris juga akan terus melakukan penyisiran ke berbagai wilayah yang disinyalir sebagian anak-anaknya belum diimunisasi MR.

“Saya juga mengapresiasi upaya dari Dinkes Depok, Puskesmas, dan juga para guru dalam menyukseskan imunisasi MR di Kota Depok. Kami datang juga berdasarkan laporan Puskesmas maupun Posyandu. Jika memang perlu, akan kami sambangi dan beri edukasi ke orang tua agar anaknya segera diimunisasi MR, karena imunisasi ini memiliki manfaat yang besar terhadap beberapa pencegahan penyakit terutama campak dan rubella,” tutur Elly.

Kepala Seksi Pencegahan, Pengendalian Penyakit Menular (P-3M) Dinas Kesehatan Kota Depok,Yuliandi mengatakan program imunisasi MR di Kota Depok sudah mencapai 95,06 persen walaupun demikian kita belum puas dengan capaian tersebut. “Jangan sampai ada anak yang terlewatkan untuk mendapatkan imunisasi MR. Kami akan terus melakukan sweeping agar anak di Depok semuanya mendapat imunisasi MR,” tegas Yuliandi.

Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna optimis pelaksanaan imunisasi MR di Kota Depok akan melampaui target nasional yakni 9,5 Persen. “Saya berharap agar semua anak di Kota Depok mengikuti program imunisasi MR. Untuk itu kami berharap Dinkes Depok melakukan penyisiran bagi wilayah-wilayah yang anaknya belum melakukan imunisasi,” pungkasnya. (Meidya)

42 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY