Cegah Penyebaran Kanker Serviks Sejak Dini

0
43

www.depoktren.com–Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok menggelar pemeriksaan dan pengobatan gratis tes Inspeksi Visual Asam (IVA) untuk pencegahan kanker leher rahim (serviks) dan payudara di aula kantor Kejaksaan Negeri Depok, Kamis (12/10).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Depok, Sufari menuturkan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian IAD kepada masyarakat dalam melaksanakan deteksi dini kanker serviks.

“Jadi sekarang dites IVA salah satu cara
deteksi dini penyakit kanker serviks
dan kanker payudara,” ujar Sufari, Kamis (12/10/2017) lalu

Sufari menyebutkan, kurang lebih terdapat 120 sasaran yang mengikuti deteksi dini kanker serviks umumnya dari elemen masyarakat dan instansi pemerintah. Namun begitu, awalnya dilakukan penyuluhan dulu tentang masalah kanker payudara. Setelah itu, baru pemeriksaan serviks secara medis.

“Tim yang memeriksa ada 6 Dokter dan 17 dari tim medis. Mudah-mudahan sehat semua, meskipun ada nanti ada rujukan ke rumah sakit untuk dapat penanganan lebih lanjut,” ungkapnya.

Menurut Sufari, sebenarnya kegiatan pencegahan kanker leher rahim (serviks) dan payudara program IAD pusat yang dilaksanakan serentak di Kejaksaan tinggi dan negeri seluruh Indonesia. “Ini memang program IAD pusat, jadi harus dilaksanakan dengan baik,” tuturnya.

Pemeriksaan gratis kanker servicks ini dilakukan tim medis Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok dan RSUD Kota Depok. “Harapan kedepan dengan kegiatan pemeriksaan gratis khusus cegah penyakit kanker serviks ini, dapat menekankan kepada masyarakat bahwa kesehatan adalah nomor satu,” harapnya. (Meidya)

43 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY