Pemkot Depok Bidik Penghargaan Kota Sehat 2017

0
63

www.depoktren.com–Pasca penilaian yang dilakukan Tim Verifikasi Kota Sehat, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menargetkan penghargaan penghargaan Swasti Saba Wiwerda 2017 yang merupakan perhargaan tertinggi untuk Kota Sehat.

Target ini dicanangkan, karena di tahun 2015, Kota Depok sukses meraih penghargaan Swasti Saba Padapa dengan mengembangkan dua dari sembilan tatanan kabupaten/kota.

“Karena sudah dua periode berturut-turut, kita berharap Pemkot Depok meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda, dengan empat tatanan. Nanti penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Kesehatan,” ujar Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapplitbangda) Kota Depok Hardiono, di Balai Kota Depok, Senin (25/9/2017).

Hardiono menjelaskan, tim penilai melakukan verifikasi di beberapa lokus. Seperti di SD Al Haraki Kecamatan Pancoran Mas, RW Hijau dan Ramah Anak di Kelurahan Bhakti Jaya Kecamatan Sukmajaya, Pasar Sukatani dan Posyandu RW 19 Sukatani Tapos. Sementara di Kelurahan Tugu Cimanggis ada tiga lokasi, yaitu di Wisma Tuna Ganda, Koperasi Brimob, dan produk pangan Delira.

“Komentar tim penilai, di antaranya mereka mengapresiasi Sekolah Al Haraki yang representatif sebagai Sekolah Sehat. Selain itu, pengelolaan koperasi Brimob Kelapa Dua Depok sudah sangat bagus. Saya optimis, kategori ini bisa menambah poin dalam rangka penguatan ketahanan pangan dan gizi,” tuturnya..

Menurut Hardiono, adapun yang menjadi catatan perbaikan, tentang pembinaan pasar yang harus dilakukan secara merata di Kota Depok. Termasuk, diperlukannya inspeksi sanitasi secara rutin oleh instansi terkait.

“Bila masing-masing perangkat daerah melakukan konsep pembinaan dengan baik, saya yakin akan terwujud kondisi masyarakat yang aman, nyaman, dan sehat,” tutur Hardiono. (Meidya)

63 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY